EarthCruiser, Beralih Dari Fuso Ke Isuzu Untuk Camper Van Off-roadnya

EarthCruiser, Beralih Dari Fuso Ke Isuzu Untuk Camper Van Off-roadnya
Beralih menggunakan Isuzu, Earth Cruiser menemukan dimensi yang ideal untuk membuat camper van off-road ini.
 

EarthCruiser, salah satu produsen kendaraan darat terbesar di Amerika, pindah ke platform baru untuk beberapa modelnya. Perusahaan itu beralih ke platform Isuzu NPR Series, menggantikan Fuso. Langkah ini mencakup model EXP dan FX EarthCruiser generasi berikutnya, serta model CORE.

Dengan menggabungkan arsitektur baru dengan penggerak 4x4 milik EarthCruiser, juga mendapatkan dimensi yang ideal untuk kendaraan petualangan yang dibuatnya. Malah ia merupakan satu-satunya kendaraan all-wheel drive cab over engine di segmen ini di Amerika Serikat.

Platform Isuzu ini, dibangun di Charlotte, Michigan dan menggunakan mesin V8, 6.600 cc asal Amerika. Mesin buatan General Motors ini, memiliki output puncak 350 hp dan torsi 576 Nm yang biasa digunakan oleh pikap heavy duty dari GM.

Mesin tadi diselaraskan dengan sistem penggerak 4x4 dari EarthCruiser, hanya saja perlu bantuan transfercase Atlas untuk mengoperasikannya. Untuk memasang pada Isuzu, sasis perlu diubah agar bisa sejalan dengan ruang untuk gardan depan serta transfer case yang dipasang belakangan.

Differential locker dari Auburn, digunakan pada gardannya. Selebihnya, seperti yang sudah dilakukan oleh EarthCruiser, yaitu membuat ‘rumah’ yang lengkap di atas sasis Isuzu tersebut. Namun, meski sudah menggunakan Isuzu, bagi konsumen yang sudah menggunakan basis Fuso, pihak EarthCruiser tetap menyediakan komponen-komponennya.