Elf EV, Sebuah Kebangkitan Isuzu di Ranah EV Komersial

Ketika pabrikan lain melirik Hybrid dan Fuel Cell, Isuzu terarah pada truk EV (electric vehicle). Mungkin salah satu ambisi Isuzu adalah jadi dominator di kelas EV kendaraan komersial.
 

Isuzu dikenal sebagai pabrikan yang cukup piawai dalam hal mesin diesel. Bahkan di Indonesia melekat sebutan ‘Rajanya Diesel’ pada merek yang berada di bawah kepak sayap Astra Group ini.

Namun bukan tidak mungkin gelar raja diesel ini akan menjadi salah satu keping sejarah, pasalnya pabrikan yang bermarkas di Shinagawa, Tokyo, Jepang ini mulai fokus pada pengembangan kendaraan komersial berbasis tenaga listrik.

Salah satunya mereka tunjukan pada sosok Isuzu ELF EV yang tak lain adalah truk sepenuhnya menggunakan tenaga listrik yang sempat dipamerkan pada ajang Tokyo Motor Show 2019 silam.

Melalui situs resminya, Presiden Isuzu Motors, Masanori Katayama, mengatakan ELF sudah lama melayani segmen light duty truck dan memberikan banyak nilai kepada konsumennya. ELF EV hadir lengkap dengan fungsi dan performa yang dibutuhkan seluruh kendaraan komersial ada di dalamnya.

"Kendaraan komersial harus ekonomis dan mudah untuk dikendarai. Untuk menyelesaikan kedua tantangan tersebut, kami menginvestasikan waktu dan tenaga untuk membawa teknologi ini kepada konsumen," terangnya

Salah satu wujud ekspansi Isuzu ke bidang kendaraan komersial elektrik adalah dengan memperkenalkan ELF EV. Truk mengonsumsi setrum ini menggunakan teknologi motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 kW atau setara dengan 201 PS. Sedangkan baterai yang digunakan adalah tipe Lithium-ion yang mampu membawanya melaju hingga 100 kilometer setelah terisi penuh.

Selain fitur utama motor listrik, ELF EV ini juga mengusung tiga fitur unggulan. Dimulai dari kursi putar yang memudahkan pengemudi untuk keluar/masuk, kamera yang disisipkan menggantikan kaca spion samping juga didukung dengan kamera 3D surround-view, yang membuat pengemudi melihat kondisi di sekeliling truk.

Kemunculan ELF EV seolah jadi jawaban atas kehadiran Mitsubishi eCanter pernah dipamerkan pada publik di Indonesia di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.