Gardan Portal Yang Melegenda Di Kalangan Militer

 Gardan Portal Yang Melegenda Di Kalangan Militer
Kontruksi gardan laksana gawang, kendaraaan yang menggunakannya akan lebih tinggi tanpa harus melakukan suspension lift plus ground clearance juga akan bertambah jauh signifikan
 

Mungkin secara umum, tak banyak orang mengenal gardan portal, namun bagi penggila kendaraan 4x4, gardan yang satu ini mendapatkan tempat tersendiri di posisi terhormat.

Disebut sebagai gardan portal karena wujudnya yang seperti gawang dengan posisi selongsong gardan dan as roda lebih tinggi dari kendaraan pada umumnya. Di tiap ujung roda terdapat gigi bersusun yang berfungsi sebagai gir reduksi. Susunan gir atas inilah yang terhubung dengan as roda, sedangkan gigi bawah tersambung ke roda, sehingga kerja as roda pun jadi lebih ringan dan lebih kokoh.

Penambahan gir ini memberikan penambahan tinggi ekstra yang membuat ground clearance otomatis menjadi lebih tinggi tanpa harus melakukan suspension lift. Selain itu bonggol gardan pun menjadi lebih tinggi posisi pada umumnya.

Kehadiran pertama kali pada Volkswagen Type 82 Kübelwagen pada era perang dunia II. Dengan gardan portal ini, kendaraan perang andalan pasukan SS mampu bergerak leluasa di berbagai ragam permukaan medan.

Kubelwagen sang pelopor 

Sedangkan penggunaan pada sipil pertama kali dilakukan oleh Universal Motor Great atau disingkat dengan Unimog pada 1946. Brand yang kemudian diakusisi oleh Mercedes-Benz pada 1952 ini, merupakan kendaraan pertanian multiguna hasil persilangan truk dan traktor.

Selanjutnya Unimog mengalami perkembangan di mana Swiss melakukan pemesanan untuk kebutuhan militernya di awal tahun 50-an. Salah satu poin yang menarik perhatian militer Swiss tak lain adalah gardan portalnya yang dianggap pas saat diajak berinteraksi pada berbagai medan berat.

Unimog bukan satu-satunya yang menyunting gardan ini. Pada pertengahan 70-an Volvo memperkenalkan truk militer 303 yang juga dilengkapi dengan sistem gardan portal.

Volvo 303

Gardan portal di satu sisi menyuguhkan banyak keuntungan, namun di sisi lain ada kekurangannya. Hadirnya perangkat tambahan tersebut menyebabkan penambahan bobot (unsprung weight) pada kendaraan. Selain itu kinerja reduction gear pada tiap bagian ujung roda ini menimbulkan panas yang lebih tinggi sehingga butuh grease tahan panas dengan berkualitas baik dan tentunya pengecekan rutin.

Saat ini beberapa kendaraan militer seperti High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle (HMMWV) atau Humvee merupakan salah satu mobil militer modern bersuspensi independen yang menggunakan gardan portal.