Gatrik, Bus Wisata Kota Ciamis Bernuansa Klasik

Gatrik, Bus Wisata Kota Ciamis Bernuansa Klasik
Nama Gatrik merupakan kepanjangan dari Galuh Tour Kota Klasik. Nantinya Gatrik akan menjadi wahana transportasi untuk mengenalkan potensi wisata di Ciamis.
 

Selain moda Bus Rapid Transport (BRT) seperti Transjakarta, konsep bus wisata dalam kota, atau city tour bus makin diminati di Indonesia. Paling baru adalah bus Gatrik dari Kota Ciamis, Jawa Barat.

Pemerintah Kabupaten Ciamis sendiri baru meresmikan Gatrik pekan ini. Nama Gatrik merupakan kepanjangan dari Galuh Tour Kota Klasik. Nantinya Gatrik akan menjadi wahana transportasi untuk mengenalkan potensi wisata di Ciamis.

Saat ini ada dua unit Gatrik hasil hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Warnanya kuning dan biru mencolok. Tapi yang paling menarik perhatian tentu desainnya yang klasik. Mirip trem zaman dulu.

Untuk bisa mencicipi city tour berdurasi satu jam, penumpang hanya dikenakan biaya Rp 10 ribu saja. Titik keberangkatan Gatrik ada di Tourism Information Centre (TIC) di kawasan Islamic Center.

Kemudian bus akan melewati lokasi wisata kota seperti Stadion Galuh, Museum Galuh Pakuan, Jambansari, Pabrik Bedak Saripohaci, Imah Loji Eks Kewadanaan dan Pendopo. Lalu ke Mesjid Agung, Alun-alun, Gwan Hien, Pabrik Galendo, Venue Sikuit BMX dan kembali ke TIC.

“Kita juga berharap kehadiran bus Gatrik ini bisa menarik perhatian wisatawan, khususnya wisatawan dari luar Ciamis, mudah-mudahan wisatawan lebih nyaman dan menjadikan Gatrik sebagai sarana wisata prioritas, yang ekonomis dan menyenangkan,” ujar Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, dilansir Harapan Rakyat.