BusWorld Southeast Asia 2024: Ajang Pemanasan Sebelum GIIAS

BusWorld Southeast Asia 2024: Ajang Pemanasan Sebelum GIIAS
Akan tampil sejumlah kejutan dari sejumlah karoseri
 

Gelaran BusWorld Southeast Asia 2024 yang dihelat pekan ini (15-17/5) di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, memang merupakan ajang B2B alias Business to Business. Secara spesifik memang diadakan untuk menjembatani para penguasaha di bidang transportasi manusia untuk bisa bertemu para pembuat bodi atau karoseri dan juga penyedia komponen yang berkaitan dengan bus maupun kendaraan angkut penumpang.

Sejumlah pemyedia komponen untuk bus dan kendaraan komersial lainnya hadir, mayoritas datang langsung dari Tiongkok. Mereka menyodorkan ragam pilihan lampu, komponen kelistrikan, suku cadang mekanikal, penyejuk kabin, jok-jok, pelapis kabin sampai kaca kendaraan.

Tentu saja kampiun karoseri juga hadir, setidaknya empat raksasa hadir seperti Tentrem, Laksana, Adiputro, dan New Armada. Sejumlah model yang rilis tahun lalu dihadirkan dengan beberapa ‘minor change’.

Kalaupun ada yang baru adalah kehadiran barisan desain dari New Armada, Skylander, yang tampil dalam beberapa bersi sekaligus.

'Bintang' di BusWorld 2024, barisan Skylander dari New Armada

Ada yang tahu minor change di titik mana saja di Jetbus 5?

Golden Dragon boyong tiga bus listrik sekaligus

Ada hal yang unik, hadirnya barisan bus listrik yang gaungnya semakin kencang di Tanah Air. Bahkan  pihak Tentrem dan Laksana juga memboyong bus listrik rakitan mereka.

“Ini masih berupa prototype, untuk yang ‘beneran’ nanti di GIIAS,” ungkap Nugroho Eko S., penggawang seksi marketing dari karoseri Tentrem. Sejurus kemudian ia menyebut bahwa bus tenaga listrik di area produksi Tentrem di Malang berada di jalur produksi yang berbeda dibandingkan jalur produksi bus konvensional.    

Selain itu ada juga dengan bus konversi hasil kolaborasi FT-UI dan kampiun tambang, Petrosea. Kemudian pihak SAG atau dikenal sebagai Golden Dragon, memboyong tiga bus listrik sekaligus.   

Baca juga: Avante 2023: Kolaborasi Karoseri Tentrem dan Operator Bus

Baca juga: Desain Bus GIIAS 2023: Detail Dan Warna Jadi Kunciannya

Bus listrik racikan Laksana berbasis Hyundai, banyak mengundang animo pengunjung

Racikan Tentrem, prototype bus listrik berbasis Wintrone

Era jok ala pesawat terbang akan terbukti ramai di paruh kedua 2024 hingga 2025?

Lokasi baru 'kandang macan' karya Tentrem