Hindari Terlibat Kecelakaan, Ini Beberapa Tips Memilih Bus Untuk Berwisata Yang Aman

Hindari Terlibat Kecelakaan, Ini Beberapa Tips Memilih Bus Untuk Berwisata Yang Aman
Kriteria memilih bus pariwisata ini, bisa dijadikan contoh acuan memilih armada yang akan disewa.
 

Perjalanan wisata, kerap menggunakan bus sebagai sarana transportasinya. Namun sayang, kabar kurang enak pun kerap muncul, tentang kecelakaan terkait bus pariwisata.

Jika ditelaah lebih lanjut, selain kesalahan pengemudi dalam mengendalikan bus, juga terjadi kesalahan teknis pada bus yang digunakan.

Bagaimana memastikan bus yang digunakan dalam kondisi baik, bisa mengambil contoh dari pengalaman Jeffry Sulaiman, dari PT Duabelas Sinergi Indonesia, perusahaan yang sempat menangani kebutuhan transportasi untuk perusahaan minyak dan gas.

“Mereka memiliki prosedur yang cukup ketat dalam memilih bus untuk digunakan,” tukas lelaki yang disapa Uyung itu. Terutama yang terkait dengan faktor keselamatan tentunya.

Ia memberikan contoh persyaratan yang diberikan, yaitu :

  • Harus mencantumkan foto bus dan tahun pembuatan yang tidak boleh lebih dari 5 tahun.
  • Memberikan juga service record dari bus yang akan digunakan
  • Harus dilengkapi perlengkapan darurat, seperti APAR, pemecah kaca jendela
  • Data terakhir jam operasional pengemudi
  • Kondisi safety belt yang dalam keadaan baik

Itulah sebagian kecil persyaratan yang diberikan oleh sebuah perusahaan ketika akan menyewa bus untuk pariwisata. Uyung juga mengatakan, biasanya perusahaan minyak dan gas itu, sudah memiliki daftar perusahaan bus yang direkomendasikan.

Nah, setidaknya, ketika kita akan memilih bus untuk pariwisata, sediakan waktu untuk melihat unit yang akan digunakan. Sebisa mungkin memerhatikan hal-hal yang mudah dilihat, seperti kondisi ban, fungsi lampu-lampu dan kondisi bangku penumpang yang dilengkapi dengan seat belt.