Hyundai Motor, Perkenalkan Bus Listrik Berjarak Tempuh 290 Km

Hyundai Motor, Perkenalkan Bus Listrik Berjarak Tempuh 290 Km
Tak hanya ramah lingkungani, namun juga mampu hemat biaya operasional yang sangat besar. Rencananya bus listrik ini akan dipasarkan di Korea Selatan tahun depan.
 

Kendaraan masa depan bertenaga listrik bukan melulu monopoli kendaraan angkut penumpang, namun juga merambah kendaraan angkut penumpang massal seperti bis.

Seperti diwartakan oleh Indianautosblog.com (3/6), Hyundai Motor telah meluncurkan bus penumpang 'New Elec City' di Hyundai Truck & Bus Mega Fair di Goyang, Gyeonggi. Bus ini sepenuhnya menggunakan tenaga listrik sebagai sumber tenaganya.

Jika bus listrik 'Elec City' sebelumnya yang tidak melewati tahap konsep, maka untuk New Elec City ini Hyundai berencana memasukkan konsep terbaru ke dalam lini produksi untuk dijual di Korea Selatan tahun depan.

Elec City memiliki baterai lithium polymer 256 kW/h, yang membutuhkan waktu sekitar 67 menit untuk mengisi penuh beterainya. Dalam kondisi penuh, bus ini mampu menempuh tempuh 290 km dalam sekali pengisian.

Untuk menjaga efisiensi baterai, sistem kontrol suhu otomatis digunakan untuk mencegah pengisian daya lebih berlebihan serta menjaga suhu baterai pada berbagai kondisi cuaca.

Dalam klaimnya, Hyundai mengatakan bahwa bus sentrumnya ini dapat memangkas biaya bahan bakar menjadi sepertiga dari bus reguler. Dalam waktu jangka panjang (10 tahun) maka dapat menghemat sebanyak 270 juta won ($ 241.000) atau Rp 3,2 miliar.

Hyundai berencana produksi mobil komersial ramah lingkungan akan ditingkatkan hingga 30 persen di seluruh model pada tahun 2020, dengan memperkenalkan teknologi hybrid dan plug-in hybrid.