Jalan Tol Trans Jawa Bisa Bernyanyi, Tapi Bukan Hal Gaib

Jalan Tol Trans Jawa Bisa Bernyanyi, Tapi Bukan Hal Gaib
Ada kebiasaan di Indonesia, jika ada segala sesuatu yang aneh dan fenomenal akan dikait-kaitkan dengan hal gaib. Tapi jalan bernada, alias singing road yang dapat bernyanyi, tak ada hal gaibnya.
 

Jalan bernada yang dipasang belum lama ini merupakan inovasi unik sebagai langkah antisipasi kecelakaan di jalan tol Trans Jawa.  Bukan soal mistis dan gaib karena merupakan marka jalan berupa 'Speed Trap' dengan ketebalan 3 milimeter.

Karena ditata dengan jarak berdekatan, saat terlindas akan terdengar suara di dalam kabin. Nada akan jelas terdengar jika mobil bergerak dengan kecepatan 80-100 km/jam. Tapi lagu tak akan terdengar baik saat kendaraan dipacu lebih dari batas kecepatan itu.

Inovasi ini ditujukan untuk meningkatkan keselamatan di tol Trans Jawa yang didominasi jalan lurus. Agar tak membosankan dan mengundang rasa kantuk, maka jalan bernada dipasang untuk mengembalikan fokus pengemudi.

Singing Road pertama kali di Indonesia ini mulai dipasang sejak Desember 2019 di jalan tol Trans Jawa. Ada dua titik jalan bernyanyi yang terpasang, yakni Ngawi-Kertosono-Kediri Km 616 yang hanya terdapat dua nada saja.

Sedangkan jalan bernada kedua berada di Km 644+200 B (arah Madiun-Solo)  yang terdiri dari enam nada sehingga bunyi yang dihasilkan lengkap. Yaitu nada lagu "Happy Birthday to You" atau selamat ulang tahun.

Kedua lokasi ini dipilih berdasarkan hasil evaluasi karena merupakan titik lelah pengendara. Sehingga pengendara akan kurang fokus saat menyetir pada titik ini. PT Jasamarga Ngawi Kertosono selaku Badan Usaha Jalan Tol juga telah memasang rambu pemberitahuan sebelum melewati Singing Road agar pengendara tetap waspada.