Kolaborasi Damri Dan Provinsi Lampung Rilis 26 Unit Bus

Kolaborasi Damri Dan Provinsi Lampung Rilis 26 Unit Bus
Wilayah Lampung merupakan destinasi potensial bagi operator bus
 

Bulan ini (6/8), Penjabat Gubernur Lampung, Samsudin, dan Dirut Perum Damri, Setia N. Milatia Moemin, melakukan seremoni peluncuran sebanyak 26 unit bus Damri baru dan meresmikan Fasilitas Ruang Tunggu Damri Stasiun Tanjung Karang, di Stasiun Tanjung Karang, Bandar Lampung.

Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, Pj. Gubernur Samsudin, menyampaikan apresiasi atas penambahan pelayanan 26 unit bus baru PT. Damri untuk dioperasionalkan di rute Lampung dengan berbagai jurusan. Seperti Lampung-Jakarta, Lampung-Bandung, dan Lampung-Yogyakarta.

Samsudin menuturkan untuk waktu ke depan ia berharap perlu adanya angkutan Damri khusus, yakni Damri wisata. Hal ini sebagai upaya dalam menarik, meningkatkan, dan memudahkan wisatawan ke Lampung. Selain itu, Pj. Gubernur Samsudin juga menginginkan Damri turut mendukung pembangunan kembali kota Baru melalui rute bus menuju Kota Baru. Seperti dikutip dari RRI.co.id.

Dalam kesempatan yang sama, Dirut Perum Damri, Setia N. Milatia Moemin, menyampaikan bahwa penambahan armada dan peresmian ruang tunggunya sebagai langkah inovasi dan pengembangan untuk menjamin kenyamanan penumpang.

Adapun penambahan 26 armada baru ini merupakan rangkaian tahapan penyerahan yang sudah dilakukan sejak April 2024 yang terdiri dari 14 unit bus kelas Royale Class dan 12 unit bus kelas Eksekutif. 

"Kami berterima kasih atas dukungan dan animo masyarakat Lampung terhadap Damri. Semoga armada baru ini mendukung aktivitas warga Lampung dalam bepergian," ujar Setia memungkaskan.

Pembukaan line Lampung oleh BUMN angkutan penukpang itu juga didasarkan pada temuan riset internal. Didapati adanya potensi penumpang periode 2023 dan 2024 yang trennya meningkat.

Tahun 2023 ada data besaran 600 ribu penumpang yang berangkat dan pergi dari Lampung dengan menggunakan bus. Pada bulan Juli 2024 ada pencapaian 400 ribuan penumpang yang bepergian dengan bus dari Provinsi paling Selatan di pulau Sumatera itu.

Baca juga: Damri Kerahkan 10 Van Listrik Di Perayaaan HUT RI Ke-79 DI IKN

Baca juga: Damri Rilis Unit Perbengkelan Di Jakarta