Konsep Truk Listrik Mercedes-Benz eActros Yang Akan Diluncurkan September Tersebar

Konsep Truk Listrik Mercedes-Benz eActros Yang Akan Diluncurkan September Tersebar
Truk seberat 40 ton ini dijanjikan akan bermodel ramping dan ramah lingkungan.
 

Kompetisi membuat truk listrik besar tidak berhenti. Meski Tesla semi-truck belum terdengar kabarnya lagi, Mercedes-Benz sudah mengumumkan rencananya untuk meluncurkan eActros LongHaul di September mendatang.

 

Prototipe pertama sudah menjalani pengujian dan prototipe yang mendekati produksi, akan dikirimkan ke konsumen pada tahun depan untuk pengujian di kondisi sebenarnya. Jika semuanya berjalan lancar, produksi akan dimulai pada 2024.

Sementara ini, Mercedes-Benz hanya merilis beberapa detail saja, seperti dilansir dari Carscoops.com, mereka mengungkapkan eActros LongHaul akan memiliki paket baterai lithium-iron phosphate yang menyediakan jangkauan sekitar 311 mil (500 km) dengan sekali pengisian daya.

Lebih lanjut, pabrikan asal Jerman itu mengungkapkan, model tersebut akan memiliki kemampuan ‘pengisian megawatt’, yang akan memungkinkan daya baterai mencapai 20-80% dalam ‘kurang dari 30 menit’.

Memang, waktu yang diperlukan dalam pengisian bateri cukup singkat. Namun sebenarnya, bagi truk pengangkut jarak jauh, waktu pengisian seharusnya tidak menjadi masalah, karena pada umumnya, aplikasi transportasi jarak jauh tidak memerlukan jangkauan di atas  311 mil (500 km) dan peraturan Uni Eropa mengharuskan pengemudi truk mengambil minimum Istirahat 45 menit setelah 4,5 jam berkendara.

Berkat teknologi pengisian cepat yang disebutkan di atas, eActros LongHaul dapat diisi ulang dengan singkat saat pengemudi beristirahat.

“Elektrifikasi transportasi jarak jauh yang berat (LongHaul) adalah tonggak sejarah berikutnya dalam perjalanan kami menuju netralitas CO2,” ujar Karin Rådström, CEO Mercedes-Benz Trucks.  Dia menambahkan, eActros LongHaul dijadwalkan untuk menjadi ‘layak secara ekonomi bagi pelanggan kami’ dan dia berharap untuk memperkenalkan truk musim gugur ini.