Kontes Modifikasi Truk Perdana di Jakarta Siap Dihelat Akhir Juli 2023

Kontes Modifikasi Truk Perdana di Jakarta Siap Dihelat Akhir Juli 2023
Truck Contest 2023 menyapa ibukota
 

Para penggiat modifikasi truk di Tanah Air, bersiaplah untuk ambil bagian di ajang Truck Contest 2023. 

Ini adalah salah satu rangkaian acara dari hajatan Pasar Jongkok Otomotif (Parjo) ke-11 yang dihelat di area Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, (29-30/7).

Informasi seputar event Truck Contest 2023 sudah diumumkan via akun Instagram resmi @parjo_id. 

Kontes modifikasi truk-truk 'megah' ini menjadi spesial karena diklaim jadi yang pertama berlangsung di Ibu Kota Jakarta. 

Truck Contest di Parjo 2023

Pasalnya event serupa kebanyakan menggema di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, atau bahkan di Sumatera.

Mulai kontes modifikasi truk engkel, kontes modifikasi truk towing, kontes modifikasi pikap, bahkan sampai kontes untuk truk 12 meter.   

Panitia penyelenggara Parjo ke-11 hanya akan menghimpun 50 peserta Truck Contest. Mereka akan saling bersaing memperebutkan juara dari berbagai kategori dengan total hadiah Rp 10 juta.

Tak ayal, Truck Contest 2023 sanggup melecut antusias pelaku modifikasi truk. Salah satunya Rinto Wicaksono, selaku tim yang menggarap modifikasi truk towing Kartika. 

"Keren ini mas (Truck Contest 2023), kalau di wilayah kami (Jawa Tengah) belum lama ada event serupa di Jogja tapi khusus modifikasi truk towing," buka Rinto kepada tim bus-truck.id. 
 

Ikon towing Senarang ini ikutan hadir?

"Cuma memang pameran aja sih, bukan kontes," tambahnya. 

Cikal bakal modifikasi truk dikalangan penggunanya kian tenar dengan sebutan truk mbois. Kata mbois merupakan ungkapan 'gaul' dari bahasa Jawa Tengah yang berarti keren. 

Meski sebetulnya sebutan mbois bukan hanya untuk truk tapi juga disematkan pada modifikasi kendaraan lain yakni bus. 

Sejatinya tren modifikasi truk di Indonesia sudah ada sejak lama. Namun dulu modifikasi truk hanya terfokus pada tulisan stiker dan lukisan gambar dengan tetap mempertahankan warna asli truk. 

Bisa dilihat khususnya di area bak dan bawah bumper belakang dan juga pada bagian samping bak truk.

Perubahannya semakin cepat memasuki pertengahan tahun 2019 hingga muncul sebutan truk mbois. Gaya modifikasinya juga lebih total dengan melakukan pemasangan body kit, ubah fascia, pemasangan lampu-lampu, ubahan pelek hingga mendandani kabin.