Mencoba Rem ABS Pada Truk 49 Ton, Mirip Mobil Penumpang!

Mencoba Rem ABS Pada Truk 49 Ton, Mirip Mobil Penumpang!
Dengan GVW (Gross Vehicle Weight, berat kosong) 49 ton, truk Mercedes-Benz Axor 4828 T dicoba mengerem di atas permukaan jalan licin.
 

Melaju kencang memang cukup mudah, tinggal menekan pedal gas dan biarkan kendaraan melaju. Tetapi menghentikan dengan baik kendaraan yang melaju kencang, tentu cukup menyulitkan, apalagi sembari mengangkut beban berat.

Hal itulah yang menjadi momok tiap pengemudi truk berat. Termasuk pengguna Mercedes-Benz Axor. Tetapi pada Axor 4928 T Euro 4, sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan, berupa rem ABS (Anti-lock Braking System). Kami pun mencobanya.

Berada di dalam kabin Axor 4928 T, memang terasa berada di dalam truk besar. Tractor head ini, menjadi salah satu truk yang disediakan oleh PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia di ICE, BSD, Senin (6/7) lalu.

Untuk mencoba fitur ABS, penyelenggara menyediakan lintasan yang licin, berupa alas berbahan sami-plastik dengan permukaan yang disiram dengan air sabun, untuk menyimulasikan permukaan jalan yang licin.

Nah, bersama instruktur dari DCVI, Axor 4928 T ini pun dicoba melalui lintasan tersebut. “Kita akan melaju di kecepatan sekitar 50-60 km/jam dan mengerem pada tanda di depan,” terang Yoga, sang instruktur.

Axor pun melaju hingga kecepatan berada di 50 km/jam dan pedal rem pun diinjak kuat. Apa yang terjadi? Roda tidak terkunci dan truk masih bisa dikendalilkan melalui lingkar kemudinya.

Persis kendaran penumpang, seperti sedan atau SUV yang dilengkapi ABS, roda memang dibuat tidak mengunci saat pengereman kuat, agar tetap bisa sedikit berputar dan setir bisa diarahkan ke posisi yang diinginkan.

Jika roda terkunci, maka truk seperti berada di atas permukaan licin dan lajunya akan mengandalkan momentum dari bobotnya saja, tanpa bisa terkontrol.