Mercedes-Benz Terus Perkuat Eksistensi Di Pasar Komersial Indonesia

Mercedes-Benz Terus Perkuat Eksistensi Di Pasar Komersial Indonesia
Kandungan lokal juga terus ditingkatkan
 

Bertepatan dengan Hari Pahlawan, 10 November 2023, PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) merayakan hari jadinya yang ke-6 sebagai distributor resmi truk dan bus Mercedes-Benz di Indonesia.

DCVI berkomitmen untuk tumbuh lebih kuat lagi guna mendukung industri kendaraan niaga di Indonesia dengan melakukan berbagai macam investasi. Melalui peningkatan produk yang berkesinambungan, kinerja yang baik dalam layanan purna jual seperti On-Site Parts Stock (OPS), Free Service Package (FSP) serta percepatan ketersediaan dan pengiriman suku cadang, DCVI terus berupaya membangun kepercayaan pelanggan.

DCVI secara resmi didirikan pada tanggal 10 November 2017 sebagai distributor tunggal Mercedes-Benz Truk dan Bus di Indonesia. Pada tahun keenamnya, DCVI mengoperasikan "Daimler Trucks Parts Centre" dengan luas 6.558 meter persegi di Cikarang, Jwa Barat. Serta satu lokasi lagi di kota Balikpapan, Kalimantan Timur yang menempati area seluas 2.750 meter persegi.

Kondisi tersebut masih didukung juga seluruh diler resmi DCVI di seluruh Indonesia, terutama di wilayah Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, dan juga Sulawesi. Belum lagi dengan beberapa pencapaian yang telah dicapai seperti sertifikasi TKDN pertama untuk truk Mercedes-Benz model Axor.

"Tahun ini, kami ingin terus memperkuat visi kami sebagai perusahaan kendaraan niaga yang berkelanjutan dengan retensi pelanggan dan reputasi yang lebih baik lagi di Indonesia. Hal ini dapat kami capai dengan terus menerapkan praktik bisnis yang memberikan dampak positif bagi mitra diler dan pelanggan setia kami. Dengan perkembangan positif sektor transportasi dan logistik di Indonesia, kami ingin semakin memperkuat peran kami di tengah-tengah perkembangan tersebut," ujar Naeem Hassim, selaku President Director DCVI dalam siaran pers resminya.

Menilik soal TKDN, pihak DCVI berkolaborasi dengan PT Daimler Commercials Vehicles Manufacturing Indonesia yang beroperasi di Wanaherang, Jawa Barat. Ada tujuh model truk sasis dan dua model bus sasis yang dihasilkan di sana.

Untuk yang truk sasisnya yaitu; Mercedes-Benz Axor 2528 RMC 6x4, Mercedes-Benz Axor 2528 C 6x4, Mercedes-Benz Axor 2528 CH 6x4, Mercedes-Benz Axor 2528 CX 6x4, Mercedes-Benz Axor 4023 TH 4x2, Mercedes-Benz Axor 4028 TH 4x2, dan Mercedes-Benz Axor 4928 TH 6x4. Sementara itu bus sasis adalah Mercedes-Benz OH 1626L dengan air suspension.

Fasilitas produksi PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia tersebut berstandar internasional Daimler. Secara umum ada 10 tahapan proses seperti;  cetak identitas di sasis, pemasangan gearbox kemudi, pemasangan ABS, pasang sistem perkabelan, pasang radiator, instalasi mesin, knalpot, roda, dan gril.

Berlanjut ke soal kontrol kualitas yang ada dua fase lanjutan, pertama, proses EOL (End-of-Life) untuk pemacuan sasis, pengujian rem, uji speedometer, dan shower. Kedua, fase EOL berikutnya, seperti penyelarasan roda, uji slip samping, uji asap dan bidikan lampu depan.

Baca juga: Truk Mercy Makin ‘Lokal‘ Saja

Baca juga: Mercedes-Benz Trucks Rilis Truk Listrik eActros 600

Sasis bus Mercy juga terus diperkuat eksistensinya