Merencanakan Rute Perjalanan Saat Menyewa Campervan, Bisa Irit Biaya?

Merencanakan Rute Perjalanan Saat Menyewa Campervan, Bisa Irit Biaya?
Secara umum, hal tersebut penting karena akan berpengaruh pada biaya yang akan dikeluarkan saat perjalanan. Kenapa?
 

Salah satu keunggulan yang ditawarkan berwisata memakai campervan adalah kebebasan dalam menentukan titik beristirahat dan tujuannya. Namun jika Anda menyewanya, maka rute perjalanan pun wajib diperhatikan.

Seperti dikatakan oleh Rifat Sungkar, pereli yang sempat liburan memakai campervan di beberapa negara. "Penentuan rute diperlukan untuk mengetahui durasi perjalanan," bukanya.

Secara umum, hal tersebut penting karena akan berpengaruh pada biaya yang akan dikeluarkan saat perjalanan. Serta adanya denda jika berpengaruh pada waktu pengembalian campervan.

Selain itu, perhatikan juga kontrak sewa yang diberikan operator campervan. Karena akan ada biaya antar-jemput unit yang cukup besar, tergantung dari lokasi pengembalian unit. Biaya ini bisa dihindari jika Anda mengembalikan campervan di kota tempat pengambilannya.

Untuk itu, Rifat memberi saran bagi Anda yang ingin menjajal berwisata memakai campervan. "Kalau saya, sudah menentukan titik ujung perjalanan dulu. Lalu berangkat ke titik tersebut agar sampai lebih cepat. Setelah sampai di ujung, baru kembali lagi ke titik awal dengan lebih santai," katanya.

Untuk sekali perjalanan wisata dengan campervan di luar negeri, Rifat sekeluarga bisa menghabiskan waktu hingga sebulan. Sedangkan biaya yang dikeluarkan, estimasinya sekitar Rp 2 jutaan perhari.