Mudik Lebaran 2017, Dishub dan BNN Tangsel Lakukan Rampchek ke PO Rosalia Indah

Mudik Lebaran 2017, Dishub dan BNN Tangsel Lakukan Rampchek ke PO Rosalia Indah
Ramp check ini dimulai sejak Sabtu, 17 Juni 2017 lalu dan akan terus berlanjut hingga saat puncak arus mudik tanggal 22-23 Juni 2017.
 

Menjelang Lebaran ini, Dinas Perhubungan Tangerang Selatan bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Daerah, dan Polres Metro Tangerang Selatan menggelar rampcheck armada arus mudik Lebaran berikut tes urine untuk pengemudi bus.

Ramp check ini dimulai sejak Sabtu, 17 Juni 2017 lalu dan akan terus berlanjut hingga saat puncak arus mudik tanggal 22-23 Juni 2017. Rampcheck hari pertama dimulai di pool Perusahaan Otobus (PO) Rosalia Indah, d Jl RE Martadinata, Ciputat. Tim tiba sekitar pukul 10.30 pagi dan langsung menemui kepala pool PO Rosalia Indah dan memulai pemeriksaan. 

Di pool ini terdapat 12 unit bus Rosalia Indah berbagai kelas dan jurusan ke berbagai kota di Pulau Jawa. Dari 12 armada ini petugas melakukan rampcheck terhadap sekitar 6 unit bus.

Item yang diperiksa dalam kegiatan rampcheck ini mengacu pada daftar checklist item kesiapan armada yang diperoleh dari Ditjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan. 

Petugas Dishub sedang lakukan rampcheck

Antara lain mencakup kesiapan surat-surat kendaraan seperti STNK bus, buku uji kir dan kartu pengawasan trayek.

Rampcheck fisik kendaraan berupa pengecekan fisik kendaraan, antara lain mencakup lampu-lampu bus, kinerja rem, kondisi ban, kaca-kaca bus, panl indikator bus seperti speedometer, kursi bus, alat pemadam api ringan (APAR), peralatan P3K, dongkrak dan sebagainya.

Palu pemecah kaca dan APAR wajib tersedia dalam kabin

Kabid Keswasdal Dishub Tangsel, Wijaya Kusuma mengatakan, pengecekan kesiapan armada seperti rampcheck ini dilakukan untuk memastikan armada yang dioperasikan PO benar-benar siap mengangkut pemudik.

Langkah ini juga dilakukan demi meminimalisir potensi kecelakaan di jalan raya akibat ketidaksiapan armada.

"Kita akan kita lakukan terus rampcheck ini sampai sekitar tanggal 22 Juni nanti. Terhadap beberapa item bus yang tak tersedia atau rusak berdasar temuan petugas, kita minta agar diperbaiki. kaca yang rusak harus diganti," ungkapnya.

Setelah dari pool PO Rosalia Indah di Jl RE Martadinata, kegiatan rampcheck petugas dilanjutkan ke pool PO Harapan Jaya dan PO Primajasa di Cinangka, Tangerang Selatan.