Ngeri, Tabrakan Kereta Api Brantas vs Truk di Semarang

Ngeri, Tabrakan Kereta Api Brantas vs Truk di Semarang
Truk terseret sampai meledak, dan ini jenis truknya...
 

Kecelakaan mengerikan terjadi Selasa (18/7) malam, melibatkan Kereta Api (KA) Brantas jurusan Jakarta-Blitar dan sebuah truk trailer di perlintasan kereta api Madukoro kota Semarang, Jawa Tengah. 

Peristiwa yang terekam kamera netizen ini terjadi usai truk 'long haul' atau biasa disebut trailer diduga 'tersangkut' di perlintasan kereta sekitar pukul 19.30 itu. .

Dalam video yang beredar luas nampak truk tersangkut dihantam KA Brantas dalam kecepatan sedang yang hendak memasuki stasiun Poncol Semarang. Sehingga truk terseret ke dalam jembatan dan kemudian meledak memicu kobaran api.

Dampaknya, membuat bodi truk dan gandengannya menghantam besi jembatan Banjir Kanal Barat Semarang.

Sopir dan kernet diduga tidak sempat menyelamatkan truk lantaran KA Brantas nomor 112 rute Pasar Senen - Blitar melintas dalam jarak yang semakin mendekat hingga terjadi tabrakanpun tak terhindarkan.

Beruntung tidak ada korban jiwa, padahal rangkaian kerata api itu tengah membawa 626 orang. Sementara awak truk terdiri dari dua orang yakni sopir dan kernet yang setelah kecelakaan terjadi melarikan diri dari lokasi kejadian. 

Adapun dugaan pemicu ledakan dan kobaran api, disinyalir karena kereta api menghantam bagian depan truk, khususnya tangki BBM yang pecah akibat benturan kuat.

(Ilustrasi) Dari pengamatan video, tim Bus-Truck.id mensinyalir jika truk yang terlibat kecelakaan tersebut adalah sebuah truk trailer lowbed. 

Jenis trailer ini tunggal, tetapi memiliki beberapa macam tingkat kekuatan daya tonase, dan disesuaikan dengan dimensi cargo yang akan didistribusikan. 

Ukuran trailer lowbed terbagi mulai panjang 6-12 meter, lebar 3 meter dan tinggi 1 meter. Truk ini memilki  dua sampai dengan  empat gandar  atau axle, dengan daya tonase mulai dan 20-70 ton.

Spesifikasi truk ini lebih sering digunakan untuk pendistribusian special cargo, big case cargo, muatan berat maupun berukuran besar.

Sejenis truk trailer model flatbed juga ada dolly, slidingbed, logging, goldhofer, ataupun multiaxle

Baca juga : Tiga Faktor Yang Bisa Menurunkan Angka Kecelakaan Di Jalan

Baca juga : Salah Kaprah! Penggunaan Truk Tronton Angkut Kontainer