Port USB Di Jok, Salah Satu Cara Amankan Bus Dari Kebakaran

Port USB Di Jok, Salah Satu Cara Amankan Bus Dari Kebakaran
Pada bus lawas, bagian atap menjadi tempat kelistrikan yang cukup beragam, mulai dari lampu, instalasi AC dan juga stop kontak.
 

Bus terbakar, kembali terjadi, kali ini menimpa bus milik PO Haryanto, kejadian di Terminal Pulo Gebang, Rabu (6/4). Kondisi bus saat itu sedang terparkir dan mesin dalam keadaan mati.

Hal ini diungkap oleh Rian Mahendra, pemilik PO Haryanto dalam unggahan di sosial medianya dengan akun @rianmahendra83. "Bus posisi mati. Berhenti dalam keadaan parkir. Sumber api plafon tengah. Posisi area parkir Pulo Gebang," ungkapnya.

Dari unggahan itu, disebutkan sumber api plafon tengah, di mana pada bus lawas, plafon tengah ini cukup banyak instalasi kelistrikan. Baik untuk AC, lampu hingga stop kontak. Stop kontak umumnya berada di ducting bus, tentunya bisa dibilang rentan terjadi korsleting.

Karenanya, bus saat ini, lebih banyak menggunakan USB Port pada bangku atau pada dinding di bawah kaca jendela. Selain kapasitasnya hanya beberapa watt saja, jaringan kelistrikannya relatif lebih aman.