Presdir Tata Motors: Pasar Terkuat Kami Saat Ini Ada di Jawa Timur

Presdir Tata Motors: Pasar Terkuat Kami Saat Ini Ada di Jawa Timur
Lima dealer Tata Motors di Jawa Timur, baru saja dinobatkan menjadi dealer terbaik Tata Motors di Indonesia. Dari total 25 dealer saat ini, akan dikembangkan 10 dealer lagi setahun ke depan.
 

Sebagai pemain baru brand asal India, Tata Motors, terus merus mengasah tajinya menggarap pasar kendaraan niaga di pasar Indonesia.

Hal ini tetap dilakukan, meski berada d

i tengah kompetisi pasar yang sangat sengit ditambah kondisi pasar kendaraan niaga yang belum sepenuhnya pulih, akibat ambruknya pasar komoditas tambang dan perkebunan sejak sekitar empat tahun terakhir.

Sejak tiga tahun resmi memasarkan kendaraannya di Indonesia, populasi kendaraan Tata Motors saat ini mencapai 3.000 unit. Ini tentu saja sebuah pencapaian bagus bagi sebuah brand baru non-Jepang.

Presiden Direktur Tata Motors kepada wartawan, Senin (10/10) mengatakan dari total penjualan nasional, market Jawa Timur merupakan kunci penjualan Tata Motors saat ini. Menurut Biswadev, provinsi ini memberi kontribusi sekitar 40 persen dari total penjualan Tata Motors di Indonesia.

"Kami memiliki lima dealer di Jawa Timur. Mengapa di Jawa Timur penjualan kami bagus, karena dealer kami sangat aktif melakukan penjualan dan menggarap strategi pemasaran," kata Biswadev.

Hal lain yang membuat produk Tata Motors mudah diterima di pasar Jawa Timur adalah karena karakter konsumen di Jawa Timur berani mencoba produk baru yang sebelumnya mereka belum kenal.

"Kami punya produk bagus dan konsumen di Jawa Timur berani mencoba pakai produk baru. Mereka berani coba produk dari brand kami," jelas Biswadev.

Lima dealer Tata Motors di Jawa Timur antara lain berlokasi di Malang, Surabaya, Jombang, Kediri dan Tulungagung. Dealer Tulungagung baru saja dinobatkan sebagai dealer terbaik.

Biswadev menambahkan, total dealer Tata Motors saat ini mencapai 25 buah. Jumlah ini menurutnya  masih belum meng-cover penjualan nasional Tata Motors mengingat wilayah Indonesia yang sangat luas. "Kami akan tambah lagi 10 dealer baru dalam setahun ke depan," ungkapnya.

Strategi yang akan diterapkan, Tata Motors akan menggarap kota-kota kecil untuk mendekatkan diri ke konsumen. "Kami akan masuk ke lokasi yang lebih kecil karena kami ingin melanjutkan kedekatan brand kami dengan pelanggan," kata dia.

Saat ini Tata Motors memasarkan beberapa tipe kendaraan komersial. Antara lain, Tata Xenon XT (kabin ganda), Tata Xenon RX (pick up single cabin), Tata Ultra 1012 (truk ringan 6W), Tata Super Ace 1400 cc diesel (pikap kecil), Tata Ace EX2 700 cc (pikap mini diesel) dan Tata Prima (truk heavy duty/prime mover).