Satlantas Polres Pasuruan: Pastikan Kondisi Supir Bus Pariwisata

Satlantas Polres Pasuruan: Pastikan Kondisi Supir Bus Pariwisata
Juga harus punya surat keterangan bebas narkoba
 

Di masa liburan sekolah, banyak kegiatan berwisata yang dilakukan baik dengan bus sewaaan maupun menumpang bus dengan jadwal reguler. Oleh karena itu Satlantas Polres Pasuruan Kota meminta para sopir agar memastikan kondisi kesehatannya benar-benar fit sebelum membawa bus yang akan mengangkut, terutama, para pelajar berwisata.

Kasatlantas Polres Pasuruan Kota, AKP Agus Prayitno mengatakan, permintaan ini penting untuk diketahui dan dipahami para supir bus agar selalu berhati-hati saat mengemudi. Terutama ketika melakukan perjalanan  panjang antar kota maupun luar provinsi.

"Harus fit dan jangan sampai mengantuk, karena berbahaya sekali jikalau kondisi badan lagi sakit atau kurang istirahat, kemudian menerima order supir ke luar kota,"  kata Agus saat ditemui di kantornya pekan ini (4/6). Seperti dikutip dari RRI.co.id.

Sampai sejauh ini, anggota Satlantas Polres Pasuruan gencar melakukan sosialisasi ke beberapa PO bus maupun sekolah-sekolah di wilayah Kota dan Kabupaten Pasuruan.  Menurut Agus, tujuannya tak lain untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan bus wisata yang disebabkan oleh faktor pengemudi yang dalam kondisi mengantuk.

 Oleh karenanya, pengemudi juga diedukasi untuk memastikan kendaraan yang digunakan laik jalan dan semua fungsinya dapat berjalan dengan baik. Selain itu, setiap pengemudi wajib menyertakan surat keterangan bebas narkoba.

"Kalau kendaraannya sangat layak tapi supirnya ngantuk atau lagi sakit, ya percuma saja. Karena mereka itu membawa banyak orang, dan ini kaitannya dengan nyawa manusia, jadi harus jadi prioritas," terangnya terang perwira polisi yang pernah menjadi Kapolsek Ponggok Blitar ini.

Lebih lanjut Agus menegaskan bahwa kunjungan ke sekolah-sekolah hingga ke PO bus sengaja dilakukan sebagai bagian dari upaya, untuk meningkatkan kesadaran keselamatan berlalu lintas di wilayah hukum Polres Pasuruan Kota.

"Imbauan ini diharapkan diperhatikan dan ditindaklanjuti untuk menjaga kamseltibcarlantas, yang aman dan kondusif," tandasnya.

Baca juga: Ditlantas Polda Jabar: Bos Bus Parwis Laka Subang Jadi Tersangka

Baca juga: Hasil Pemeriksaan Dithubdar, Separuh Bus Pariwisata Tidak Laik Jalan