Selain Gatrik dan Bandros, Jawa Barat Punya Segudang Bus Wisata Kota

Selain Gatrik dan Bandros, Jawa Barat Punya Segudang Bus Wisata Kota
Uniknya, selain memiliki tampilan klasik, soal penamaan bus juga menarik. Antara lain Oren (Odong-odong Keren Depok), Tauco (Tour Wisata Cianjur on Bus) dan Sakoci (Saba Kota Cimahi)
 

Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah menggencarkan geliat wisata dengan city tour bus. Hal ini terbukti dengan banyaknya kota yang mengoperasikan bus wisata dalam kota tersebut.

City tour bus paling terkenal tentu Bandros (Bandung Tour on The Bus), sebagai pionir yang dirilis 2014 silam. Sedangkan yang paling baru adalah Gatrik (Galuh Tour Kota Klasik) di Ciamis. Tapi masih banyak bus serupa di Jawa Barat.

Uniknya, selain memiliki tampilan klasik, soal penamaan bus juga menarik. Antara lain Oren (Odong-odong Keren Depok), Tauco (Tour Wisata Cianjur on Bus), Sakoci (Saba Kota Cimahi) dan Sonagar (Pesona Garut).

Selanjutnya ada Tampomas (Trans Moda Pariwisata Masyarakat Kota Sumedang) dan Ngulisik (Ngurilingan Tasik). Sedangkan wilayah utara, ada Citros (Cirebon Tourism on Bus) dan Kemuning (Keliling Wisata Mutar Kuningan).

Dikutip dari pengumuman Bank BJB, armada bus wisata tersebut merupakan kerjasama pemerintah kota dan bank tersebut, serta CSR perusahaan swasta. Skema pengadaannya dalam bentuk hibah.

Bus wisata sendiri hadir sebagai salah satu program yang dikeluarkan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat untuk mendorong sektor pariwisata. Bus ini disebar ke 27 kota/kabupaten juga untuk meningkatkan budaya naik transportasi massal.