Setelah Diresmikan, Tol Manado-Bitung Masih Gratis Pekan Ini

Setelah Diresmikan, Tol Manado-Bitung Masih Gratis Pekan Ini
Baru ruas Manado-Danowudu sejauh 26 km yang beroperasi dan bisa digunakan masyarakat secara gratis. Masyarakat dihimbau untuk tidak melakukan selfie.
 

Selama dua pekan setelah diresmikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Selasa (29/9), Jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu masih bisa diakses gratis. Ini artinya pekan ini tarif tol ini masih bebas ongkos.

Jalan tol pertama di Sulawesi Utara ini rencananya akan menghubungkan kota Manado ke Bitung sepanjang 40 km. Namun pekan lalu, baru ruas Manado-Danowudu sejauh 26 km yang beroperasi.

Nantinya tol tersebut akan memberikan kemudahan akses barang dan jasa ke Pelabuhan Internasional Bitung. Salah satu dari pintu ekspor impor bagi kawasan Indonesia bagian timur.

“Ini akan mempercepat waktu. Kemudian, akan meningkatkan perekonomian, membawa dampak ekonomi bagi masyarakat dan juga konektivitasnya lebih lancar. Jalan tol ini bisa dimanfaatkan juga untuk bidang-bidang lain,” ujar Pjs Gubernur Sulawesi Utara, Agus Fatoni dikutip dari rilis Jasa Marga.

Karena menjadi tol pertama di Sulawesi Utara, Agus Fatoni juga mengingatkan agar masyarakat berhati-hati saat menggunakan jalan tol. Serta tetap memperhatikan unsur keselamatan bagi diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

“Jangan selfie dan jangan lupa menggunakan uang elektronik, tidak menggunakan cash. Jalan tol ini selama dua minggu pertama masih digratiskan,” tegasnya.