Tanggapan Pihak UD Trucks Soal Kemungkinan AdBlue Palsu

Tanggapan Pihak UD Trucks Soal Kemungkinan AdBlue Palsu
Penggunaan SCR pada mesin Euro 5 UD Truck, mengharuskan menggunakan cairan AdBlue. Apakah ada kemungkinan ada produk palsu?
 

Di tengah regulasi pemerintah soal standar emisi Euro 4 pada kendaraan diesel baru yang dipasarkan di Indonesia, UD Trucks memalui PT UD Trucks Astra Motor Indonesia (UD AMI) meluncurkan versi Euro 5 melalui jajaran Questernya.

Sebagai salah satu persyaratan tercapainya emisi Euro 5 itu, digunakan sistem Selective Catalityc Redution (SCR) yang menggunakan cairan Diesel Exhaust Fluid (DEF), atau yang dikenal dengan AdBlue.

"AdBlue adalah merek yang didaftarkan untuk produk kami," terang Winarto Martono, Chief Executive Officer, Astra UD Trucks. Menurutnya, cairan ini adalah Diesel Exhaust Fluid yang banyak dipasarkan dengan berbagai merek. "Diesel Exhaust Fluid ini banyak dipasarkan dengan berbagai nama," katanya.

Lantas, apabila ada produk palsu, seperti apa tanggapannya? "Jika membeli di bengkel resmi atau mendapatkan AdBlue dari pihak UD Trucks secara resmi, misalkan yang 800 liter gratis di awal untuk pembeli Quester Euro 5, dijamin asli," ungkapnya.

Namun, kalaupun palsu, misalkan cairan itu tidak mengandung bahan yang sesuai, maka ECU pada truk Quester akan mendeteksinya melalui sensor yang terhubung dengan perangkat SCR. Maka truk akan otomatis menurunkan powernya sebanyak 40% dan ada peringatan di layar MID, sehingga penggunanya akan mengetahui kondisi tersebut.

"Jika melakukan service rutin, makan kondisi truk akan dibuat normal kembali," terang Budi Rianto, Service Head, Astra UD Trucks.