Tol Pekanbaru-Dumai Resmi Dibuka, Siap Perlancar Arus Logistik Sumatra

Tol Pekanbaru-Dumai Resmi Dibuka, Siap Perlancar Arus Logistik Sumatra
Pengoperasian ruas Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) ini sepanjang 131 Km. Jalur tersebut merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera sepanjang 2.987 Km.
 

Logistik barang dan mobilitas masyarakat di provinsi Riau makin mudah berkat hadirnya Tol Pekanbaru–Dumai. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor pada Jumat (25/9).

Pengoperasian ruas Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) ini  sepanjang 131 Km. Jalur tersebut merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera sepanjang 2.987 Km.

"Ruas tol ini akan meningkatkan konektivitas antara kota/kawasan di Provinsi Riau dengan Kota Dumai sebagai kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agribisnis yang maju," kata Jokowi dilansir situs BPJT.

Jalan Tol Pekanbaru - Dumai terdiri dari 6 seksi yaitu, Seksi 1 ruas Pekanbaru - Minas (10 Km), Seksi 2 ruas Minas - Kandis Selatan (24 Km), Seksi 3 ruas Kandis Selatan - Kandis Utara (17 Km), Seksi 4 Kandis Utara - Duri Selatan (26 Km), Seksi 5 Duri Selatan - Duri Utara (29 Km), Seksi 6 JC Duri Utara - Dumai (25 Km).

Uniknya, tol ini memiliki 5 buah terowongan perlintasan satwa untuk pergerakan gajah dan beruang yang ada di habitatnya. Terutama pada Seksi 4 ruas Kandis Utara - Duri Selatan.

"Kami yakin keberadaan jalan Tol Pekanbaru - Dumai dan Tol Sumatera nantinya akan sangat membantu distribusi logistik di kawasan ini," ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Hal ini karena dengan tol ini membuat akses Pelabuhan Dumai maupun Pekanbaru lebih lancar. Sehingga akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah dan nasional.