Tractor Head Giga GXZ 60 K ABS Solusi ODOL Terbaru dari Isuzu.

Tingginya biaya operasional, sehingga memaksa pebisnis untuk melakukan satu pengiriman dengan membawa muatan lebih banyak (overload). Salah satu solusinya dengan menggunakan tractor head.
 

Over Dimension dan Over Load (ODOL) menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh transportasi angkutan barang di Indonesia. Tingginya biaya operasional, sehingga memaksa pebisnis untuk melakukan satu pengiriman dengan membawa muatan berlebih (overload).

Supaya mampu membawa beban lebih banyak, tak sedikit truk ukuran medium dua axle dengan daya angkut maksimal 16 ton, dan medium truk tiga axle beban maksimalnya 26 ton dimodifikasi sedemikian rupa supaya mampu mengangkut muatan lebih banyak. Salah satunya dengan menambahkan overhang  belakang truk.

Kasus ODOL ini merupakan salah satu komponen yang menyebabkan kerugian yang sangat besar, terutama karena rusaknya jalanan. Berdasarkan data Dishub, perbaikan jalan ini bisa menelan biaya Rp 43 triliun! Seperti yang terjadi pada 2017 silam.

Salah satu solusi untuk menekan ODOL adalah dengan mengalihkan penggunaan truk rigid ke tractor head. Nampaknya hal ini direspons positif oleh Isuzu dengan semakin gencar memperkenalkan tractor head Giga pada pasar Indonesia.

“Dari kemampuan, jenis tractor head memiliki daya tampung (pada trailer dengan kontainer di atasnya) yang lebih besar sehingga bisa memberikan solusi. Isuzu Giga baru dikliam memiliki daya angkut hingga 32,7 ton sampai 46,1 ton,” terang Joen Boediputra, Chief Executive of Isuzu Sales Operation di sela peluncuran Tractor Head Isuzu Giga GXZ 60 K ABS, Jakarta (24/01).

“Tidak akan langsung terlihat pergerakan yang masif di pasar, namun langkah ini diharapkan akan menjadi solusi jangka panjang bagi transportasi angkutan barang di Indonesia,” tambahnya.

Isuzu juga menyediakan varian yang bisa menjadi pilihan bagi konsumen, yakni Giga GVZ 34 K HP ABS (N), Giga GVR 34 J HP ABS (N), dan Giga FVR 34 P TH (N). 

Hanya saja pada peluncuran ini, Isuzu masih bungkam mengenai harga jual truk berdaya 345 PS tersebut. Namun disebutkan bahwa harga jual dari armada barunya akan sangat kompetitif.