Volkswagen Siapkan ID. Buzz Tanpa Supir Untuk Taksi Dan Kargo

Volkswagen Siapkan ID. Buzz Tanpa Supir Untuk Taksi Dan Kargo
Kendaraan ini bukan pengembangan dari yang sudah ada, tetapi dibuat sebagai kendaraan khusus (SPV, special purpose vehicle).
 

Seperti sudah dicanangkan pada tahun lalu, Volkswagen berencana membuat kendaraan tanpa supir yang merupakan versi lain dari ID. Buzz. Bahkan ID. Buz tanpa awak ini sempat dipamerkan pada ajang IAA 2021 (German International Motor Show, September 2021) lalu.

Namun, belakangan ini dunia otomotif akan berpegang pada pernyataan Carsten Intra, Bos Divisi Kendaraan Komersial Volkswagen. Ia menyebut bahwa ID. Buzz nirsupir ini, bukan pengembangan dari yang sudah ada atau versi lain dari ID. Buzz, tetapi dibuat sebagai kendaran khusus (SPV, special purpose vehicle).

Dari hal tersebut, dapat diperkirakan meski pengembangan kendaraan otonom tersebut mengambil basis dari ID. Buzz, bukan tak mungkin ia akan menjadi tipe tersendiri dari Volkswagen, tak ada embel-embel ID. Buzz.

Malah, beredar kabar, Volkswagen sudah menargetkan bahwa kendaraan itu akan disebut Robotaxi, yang akan beredar di Hamburg pada 2025, serta tujuannya adalah menjadi taksi di 50 kota utama di Eropa dan Amerika Utara.

Tetapi, kembali lagi pada Carsten Intra, seperti dilansir dari insideevs.com, yang menyatakan bahwa hal ini masih sekadar konsep. Belum akan diwujudkan dalam waktu dekat. Padahal, jika diperhatikan Volkswagen sudah mempunyai berbagai hal yang sudah bisa mewujudkan Robotaxi itu.