Volvo Tawarkan Bus Mewah B11R untuk Transportasi Antarkota di Busworld South East Asia 2019

Tidak tanggung tanggung, di pameran ini Volvo Bus memajang dua unit bus Volvo B11R sekaligus, plus satu unit bus kota low floor B8ERL.
 

Sejak sekitar setahun terakhir Volvo Bus cukup sukses merintis penjualan bus premiumnya, sasis B11R untuk armada bus kota Transjakarta busway di DKI Jakarta. Bus dengan sasis ini lalu lalang melayani warga ibukota di sejumlah koridor, antara lain koridor Blok M-Kota dan koridor Pluit-Pinang Ranti. Tak kurang dari 100 unit armada bus Volvo B11R sudah dioperasikan oleh perusahaan mitra Transjakarta di ibukota, satu diantaranya adalah PT Steady Safe Tbk.

Kini, sasis ini coba diperkenalkan ke pengusaha transportasi antarkota dan bus pariwisata lewat gelaran Busworrld South East Asia 2019 yang berlangsung tiga hari di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 20-22 Maret 2019. Tidak tanggung tanggung, di pameran ini Volvo Bus memajang dua unit bus Volvo B11R sekaligus, plus satu unit bus kota low floor B8ERL.

Dua unit bus Volvo B11R ini masing-masing adalah tipe bus (coach) mewah ultra high deck (UHD) dengan menggunakan karoseri ternama Adi Putro, Malang, dan satu unit lainnya tampil dalam wujud bus double decker Legacy SR-2 buatan karoseri Laksana, Ungaran, Jawa Tengah.

Bus premium Volvo B11R dengan karoseri Adi Putro model Jetbus 3 UHD 

Mr Akash Passy, Senior VP of Volvo Bus Region International, di depan sejumlah pengusaha bus nasional pada acara peluncuran bus Volvo B11R dengan aplikasi coach mengatakan, Indonesia merupakan pasar yang sangat besar dan moda transportasi busnya sedang dimodernisasi dengan kualitas produk yang ramah lingkungan, aman dan nyaman.  "Kami bangga bisa membawa Volvo Bus ke pasar Indonesia. Kami selama ini sudah hadir di pasar di 200 negara. Bus-bus ini telah membuktikan kinerjanya dengan berbagai permintaan pelanggan di beberapa negara dan pastinya juga memenuhi persyaratan pasar bus di Indonesia,” ungkap Akash Passey.

Dia menambahkan, di 2018 lalu pihaknya sukses memasok 100 unit maxi-bus B11R untuk armada BRT System ke Transjakarta melalui PT Indotruck Utama yang menjadi distributor Volvo Bus di Indonesia. Pihaknya memiliki pengalaman memasok bus untuk sistem BRT di Kota Curtiba,  Brasil, yang sudah diterapkan konsepnya sejak 40 tahun lalu. "BRT adalah solusi angkutan massal dan terbukti efektif karena kapasitas angkutnya yang tinggi. Sistem ini memberikan kinerja setara dengan kereta metro dengan biaya dan kompleksitas yang lebih rendah. Karena itu Volvo Bus sangat terhormat atas kesempatan yang diberikan menjadi bagian dari transportasi Transjakarta," imbuhnya.

Tentang penjualan B11R untuk segmen pengusaha transportasi antarkota, pihaknya tetap menggandeng PT Indotruck Utama, anak usaha grup Indomobil sebagai mitra distributor utamanya. PT Indotruck Utama akan memberikan dukungan garansi dan layanan aftersales kepada pengusaha transportasi yang membeli chassis bus Volvo B11R.

"Kami yakin berpartner dengan mitra yang tepat di Indonesia," ungkapnya. Selama pameran berlangsung, 2 unit bus Volvo B11R juga langsung ditawarkan kepada pengusaha transportasi yang berminat. Chassis bus Volvo B11R ditenagai mesin diesel common-rail berkapasitas 11 liter dengan tenaga maksimum 430 horsepower dipadukan dengan transmisi canggih khas Volvo Bus, yakni I-Shift AMT 12 percepatan dengan didukung air suspension pada kaki-kakinya untuk memberikan kenyamanan maksimal selama perjalanan jauh.