Volvo Trucks Sudah Punya Pabrik Baterai, Mulai Beroperasi Di Kuartal Ketiga 2022

Volvo Trucks Sudah Punya Pabrik Baterai, Mulai Beroperasi  Di Kuartal Ketiga 2022
Pabrik baterai untuk kendaraan listrik itu, di lokasi yang sama dengan perakitan Volvo Trucks di Ghent, Belgia.
 

Volvo Trucks telah mengumumkan rencana untuk membuka pabrik perakitan baterai pertamanya pada kuartal ketiga tahun ini. Terletak di Ghent, Belgia, fasilitas tersebut akan memasok baterai siap pakai untuk truk heavy-duty listrik Volvo Trucks.

Di pabrik baru, sel dan modul dari Samsung SDI akan dirakit menjadi kemasan baterai yang dibuat khusus untuk rangkaian listrik heavy duty trucks Volvo Trucks yang terdiri dari Volvo FH, Volvo FM, dan Volvo FMX. Produksi seri dijadwalkan akan dimulai pada kuartal ketiga tahun 2022.

"Dengan mengintegrasikan proses perakitan baterai dalam aliran produksi kami, kami dapat mempersingkat waktu tunggu bagi pelanggan kami dan mengamankan baterai berperforma tinggi, sementara pada saat yang sama meningkatkan sirkularitas," ujar Roger Alm, Presiden Volvo Trucks.

Setiap paket baterai memiliki kapasitas 90 kWh dan pelanggan dapat memilih untuk memiliki hingga enam paket baterai dengan kapasitas penyimpanan gabungan 540 kWh dalam satu truk. Jumlah baterai tergantung pada kisaran spesifik dan permintaan kapasitas beban dari setiap konsumen.

Menurut Volvo Trucks, baterai dirancang agar nantinya dapat diproduksi ulang, diperbarui, dan digunakan kembali. Pembangkit itu sendiri, didukung oleh 100% energi terbarukan.

Tahun ini, pembuat truk asal Swedia itu akan memulai produksi tiga model truk listrik heavy duty di Eropa dan akan menawarkan total enam model truk listrik di seluruh dunia. Truk tersebut dirancang untuk mencakup semuanya, mulai dari distribusi kota dan penanganan sampah, hingga transportasi regional dan pekerjaan konstruksi.