2030: Jerman Full Bus Listrik

2030:  Jerman Full Bus Listrik
Sudah dicanangkan lima tahun lalu
 

Jerman merupakan salah satu wilayah yang jadi markas, paling tidak, empat pabrikan utama dunia yang menggunakan mesin berbahan bakar fosil. Namun ternyata Jerman juga jadi salah satu sentra elektrifikasi kendaraan bermotor, paling tidak untuk kendaraan komersial.

Berdasarkan riset dari Pricewaterhouse Cooper, sebanyak 8.500 unit bus listrik akan beroperasi di seantero Jerman sampai tahun 2030. Berdasarkan temuan lembaga riset yang berkator pusat di London ini pula ditunjukan bahwa sampai akhir tahun  2022 sudah beroperasi 1.884 unit bus bertenaga listrik.

Penigkatan di tahun lalu itu sudah naik sekitar 50 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sejumlah wilayah utama di Jerman seperti di wilayah Rhine-Westphalia, Hesse, dan Hamburg serta Berlin maupun Cologne sudah makin massif keberadaan bus listrik dan juga energi ramah lingkungan lainnya.

Kegiatan operasional bus listrik dan energi ramah lingkungan lainnya juga semakin diperluas untuk seluruh wilayah Jerman. Termasuk kota-kota kecil, dan juga wilayah pedesaaan.