Ada Bus Ramah Difabel dan Lansia Gratis Dari Damri Mataram

Ada Bus Ramah Difabel dan Lansia Gratis Dari Damri Mataram
Uji coba bus ini dilakukan pada Jumat (2/10) bertempat di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat.
 

Penyandang difabilitas dan lansia kerap mendapat kesulitan saat mengakses kendaraan umum, seperti bus. Hal ini pun jadi perhatian Damri dan Dinas Perhubungan Nusa Tenggara Barat dengan menghadirkan bus ramah difabel dan lansia, NTB Gemilang.

Uji coba bus ini dilakukan pada Jumat (2/10) bertempat di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Bus Disabilitas NTB Gemilang akan melayani rute dalam kota melalui beberapa sekolah luar biasa dan sekolah umum.

Dikutip dari situs resmi Damri, latar belakang penyediaan layanan Bus Disabilitas NTB Gemilang adalah adanya kebutuhan aksesbilitas transportasi sahabat disabilitas yang berada di Kota Mataram. Serta program unggulan NTB sesuai dengan peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 98 Tahun 2017.

Untuk tahap awal, baru tersedia rute layanan dalam kota Mataram untuk melayani antar Sekolah-sekolah Luar Biasa (SLB). Rencananya tahun 2020 dan 2021 akan ada sebanyak 10 unit bus serupa sehingga dapat memperluas area layanan di seluruh kota kabupaten NTB.

Damri mengoperasikan uji coba Bus Disabilitas NTB Gemilang berkapasitas 30 kursi, 10 kursi diantaranya untuk pengguna kursi roda dan sisanya adalah kursi biasa. Bus dilengkapi dengan fasilitas tangga hydraulic otomatis dan ruang khusus pengguna kursi roda sebanyak 10 titik.

Titik keberangkatan Bus Disabilitas NTB Gemilang adalah Pool Damri Sweta Mataram dengan waktu keberangkatan adalah pukul 06.30 WITA. Estimasi waktu tiba di Sekolah Luar Biasa Selagalas pukul 08.00 WITA.

Sedangkan untuk rute sebaliknya dari Sekolah Luar Biasa Selagalas yakni pukul 12.00 WITA dengan waktu tiba di Pool DAMRI Sweta Mataram pukul 14.00 WITA. Pengguna layanan bus ini tidak dikenakan biaya alias gratis.