Adiputro dan Laksana Balapan Bus Setrum

Adiputro dan Laksana Balapan Bus Setrum
Paling tidak ada tiga karoseri yang sudah mampu membangun bus listrik
 

Gelombang elektrifikasi otomotif tidak hanya menerpa segmen passenger car, kendaraan komersial juga tidak terhindar dari tren dunia ini. Mulai dari segmen van sampai truk sudah makin menampakan sosoknya.  

Kampiun karoseri asal Malang, Adiputro, di GIIAS 2023 selain memajang barisan Jetbus 5 juga menampilkan bus ‘masa depan untuk masa kini’. Ya, sebuah bus kota tenaga listrik milik KG Mobility (KGM)  yang berada di bawah naungan insititusi Indika Energy Group.

Bus monokok ini dimensinya, panjang 12 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 3,5 meter. Bodinya galvanis, kaca depan speknya laminated glass, sedangkan spesifikasi kaca samping adalah tempered fixed glass. Di kabin tersedia jok untuk 30 orang.  

Penggerak serta pembangkit daya buatan Edison yang asal Korea Selatan punya kapasitas 320.000 Watt, jarak tempuh sekali isi daya sejauh 350 kilometer. Ada juga opsi untuk diisi ulang dayanya, ultra-fast charging, sampai 400.000 Watt.

Nantinya bus listrik ini akan melintasi sejumlah jalur Transjakarta.

Selain Adiputro, kampiun karoseri yang bermarkas di Ungaran, Jawa Tengah, juga sudah bersiap membangun bus tenaga listrik. Kali ini merupakan pesanan PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk. yang juga merupakan pemegang merek bus asal Tiongkok, BYD. “Saat ini sudah ada sembilan unit yang berada di karoseri Laksana untuk dibangun bodinya,” ungkap Ludiatmo Soetomo, Chief Commercial Officer VKTR.

Dilanjutkan oleh Ludiatmo, pihaknya mengirimkan bus ke Laksana setelah sejumlah unit sebelumnya ditangani oleh karoseri Tri Sakti yang bermarkas di Magelang, Jawa Tengah. “Waktu itu yang datang unit bus dalam bentuk CBU, sementara yang sembilan unit kali ini akan dibangung dengan bus yang berbodi ‘tinggi’,” jelas Ludiatmo yang jadi pembicara di seminar “Hak-hak Konsumen & Kelengkapan Keselamatan Kendaraan” (16/8).

Pihak Laksana sendiri mengiyakan bahwa sembilan unit bus yang rencananya akan beroperasi di Transjakarta sudah masuk ke unit produksi mereka. “Pakai bodi Cityline 3,” ujar Candra Dewi, Brand & Marketing Communication Manager Laksana (17/8).

Bus Laksana Skyline 3, banyak dipakai sebagai armada Transjakarta dan feeder APTB