Adiputro Membuat Bus Pertambangan Berbasis Scania

Adiputro Membuat Bus Pertambangan Berbasis Scania
Bus untuk pertambangan itu menggunakan Scania K360 dengan rancangan unik, Jetbus 3+, HDD namun single deck.
 

Pertambangan, merupakan salah satu bentuk eksplorasi kekayaan alam tanah air. Dari Sabang sampai Merauke, tersebar kekayaan alam yang bisa diolah dan hasilnya dimanfaatkan untuk kemajuan negara dan kesejahteraan rakyat.

Dalam tiap kegiatan operasionalnya, tentu tak lepas dari kebutuhan akan alat berat, mesin-mesin ekplorasi hingga kendaraan operasional sebagai salah satu alat untuk pengolahan hasil tambang maupun menjadi alat transportasi.

Dalam akun resmi Adiputro, tampak bus Scania K360 sudah siap digunakan. Dari livery yang terlihat di bodi bus berdesain Jetbus 3+ itu, terpampang tulisan AMMAN. Disinyalir, itu menandakan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (Amman) yang menyelenggarakan program beasiswa pelatihan dasar teknik alat berat dan operator bagi generasi muda di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Amman menggandeng United Tractors School, yang merupakan satu-satunya insitusi pendidikan vokasi pengoperasian alat berat di Indonesia yang telah menghasilkan para ahli yang tersebar di berbagai perusahaan.

Selain perusahan alat pertambangan dan konstruksi, sejak 2004 PT United Tractors juga menjadi distributor resmi Scania Bus di Indonesia. Tak mengherankan, jika bus yang digunakan adalah Scania.

Dari akun perusahaan karoseri asal Malang, Jawa Timur itu, tampak beberapa foto mengenai bus yang akan digunakan di pertambangan itu. Seperti dek yang menggunakan pelat bordes, mulai dari depan hingga kabin belakang, juga susunan bangku yang berkonfigurasi 2-2.

Walau berbasis Jetbus 3+ HDD, tampak bodi bus tidak menjulang, karena hanya single deck saja. Adalah hal yang wajar, mengingat akan digunakan di area yang belum tentu semuanya beraspal mulus dan datar, sehingga jika double deck akan lebih mudah limbung.

Bus ini menggunakan transmisi matik Opticruise, sehingga tak nampak ada tuas perseneling di lantai. Transmisi ini diatur dari tuas seperti sein di sebelah kanan setir.