'Bus Kucing' Buatan Toyota, Tenaganya Listrik

'Bus Kucing' Buatan Toyota, Tenaganya Listrik
Cocok untuk dipakai pada area terbatas
 

Untuk memeriahkan gelaran Expo Aichi Commemorative Park 2024, sebuah bus dengan karakter kucing akan mengantarkan para pengunjung berkeliling salah theme park paling bergengsi di Jepang itu.

Bus itu karya Monet Technologies yang menyebut bus kucing itu dengan kode resmi APM Nekobus. Ya, ini juga merupakan kolaborasi antara pihak Monet, Toyota Motor Corporation, Toyosuka Kotsu, dan Ghibli sebagai pemilik karakter kucing. Kolaborasi ini sudah disepakati pada September tahun lalu.

Pekan depan (27/2) bus itu sudah bisa beroperasi, dimensinya; panjang 3.900 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 2.000 mm. Semua modul dan komponen penggeraknya buatan Toyota. Karena struktur dasar dari kendaraan angkut berkapasitas lima penumpang dan satu pengemudi it adalah APM alias Accessible People Mover yang memang buatan Toyota.

Kecepatan maksimalnya 19 km/jam.

Pengadaan bus ini demi meningkatkan kenyamanan pengunjung saat keliling lokasi wisata itu.

Expo Aichi Commemorative Park sendiri merupakan taman dengan beragam ares spesifik untuk berenang, bersepeda, hiking, dan tentu saja tersedia banyak wahana permainan buat anak-anak.

Revitalisasi taman ini dilakukan pada tahun 2005.

Dalam kegiatan rutinnya, diakukan pembagian kerja. Toyota bertugas membangun kendaraan, begitu juga soal pemeliharaan, serta pembiayaan. Pihak Toyosuka Kotsu menyediakan berbagai keperluan operasional bus itu.

Pihak Studio Ghibli, tentu saja, kebagian tugas merancang serta mendesain atas APM Neko Bus itu. Sementara itu pihak memerintah daerah Aichi akan berada di sisi supervisi atas proyek ini.

Baca juga: Inilah Aturan Pemerintah Soal Dimensi Bus

Baca juga: Di Manakah Rute Bus Terpendek Di Dunia?

Operasional di Aichi Park sebagau uji coba langsung atas berbagai hal pada APM Bus

Ini adalah bentuk 'asli' dari APM Bus