Bus Tingkat PO Laju Prima Mulai Tes Jalan, Pakai Bodi Ekspor

Bus Tingkat PO Laju Prima Mulai Tes Jalan, Pakai Bodi Ekspor
Volvo B11R adalah sasis bus bertipe tronton dengan dua gandar belakang. Mesin bus ini mengandalkan tipe D11 11.000 cc dengan transmisi matik I-Shift.
 

Selama ini Laju Prima dikenal sebagai perusahaan otobus (PO) yang fanatik dengan sasis Hino. Tak heran, karena Laju Prima merupakan anak perusahaan Hiba Group yang juga pemilik dealer Hino.

Namun mereka mencoba gebrakan baru di tahun ini. Yakni dengan menghadirkan bus tingkat bersasis Volvo B11R yang tengah hangat di kalangan penggemar bus sejak keluar karoseri pada Rabu (23/9).

Tentu pilihan 'ke lain hati' ini karena hingga saat ini Hino tak menyediakan sasis tipe tronton dengan dua gandar belakang sebagai salah satu syarat bodi bus tingkat.

Sedangkan Volvo B11R adalah sasis bus bertipe tronton dengan dua gandar belakang. Mesin bus ini mengandalkan tipe D11 11.000 cc dengan transmisi matik I-Shift.

Bodi bus tersebut digarap oleh karoseri Laksana di Ungaran, Jawa Tengah. Bus ini mengusung bodi tipe Legacy SR-2 double decker yang sukses menembus pasar ekspor ke Bangladesh.

Bocoran kehadiran bus tingkat Laju Prima sebenarnya sudah sejak awal tahun. Namun baru pada bulan September ini bus tersebut selesai dan memasuki tahap tes jalan (road test). Rencananya bus ini akan menjadi salah satu armada antarkota Laju Prima dengan rute melalui tol Trans Jawa.