Bus Trans Semarang Pakai DNA TransJakarta, Ini Bedanya

Bus Trans Semarang Pakai DNA TransJakarta, Ini Bedanya
Pakai bodi Citouro Medium City Bus
 

Moda transportasi bus terintegrasi dalam kota nyatanya bukan hal prerogatif warga ibukota Jakarta saja. Belakangan masif beroperasi bus pengantar penumpang rute dalam kota seperti bus TransJakarta semisal bus Trans Metro Bandung, bus Trans Jogja, bus Trans Metro Dewata, bus Trans Jatim, ataupun juga bus Trans Semarang. 

Berbeda dari kebanyakan bus besar TransJakarta, bus-bus Trans di luar kota umumnya menggunakan medium bus, termasuk bus Trans Semarang. Yang menarik dari bus Trans Semarang ialah desainnya yang seirama dengan bus TransJakarta lantaran sama-sama buatan karoseri PT. Mekar Armada Jaya atau dikenal sebagai New Armada asal Magelang, Jawa Tengah. 

Layout dasbor Citouro Trans Semarang dikemas simpel, tapi ada tambahan kamera (Momot)

"Untuk garis desain Citouro Trans Semarang memang sama dengan model-model TransJakarta karena memang fungsinya juga untuk transportasi di dalam perkotaan," buka Albertus Indra Febriawan, Product Development Dept. Head (New Armada saat dihubungi langsung  (6/10).   

Penting untuk dicatat, Citouro Trans Semarang memakai basic medium bus seperti sasis Mitsubishi FE 84 GBC N. Berbeda halnya dengan bus TransJakarta yang umumnya dibangun dari sasis bus besar seperti Scania K410IB, Hino RK280 atau pakai sasis Mercedes-Benz OH 1518 EIII. Juga beragam pilihan bodi bus Transjakarta khas buatan New Armada, mulai model Citouro 12, Citouro 10, dan Citouro 9. 

Konfigurasi seat pada Trans Semarang terdiri dari 17+2 (penumpang prioritas) seat (Momot)

Untuk karakteristik khusus bus Trans Semarang merupakan model Citouro Medium City yang perdana diperkenalkan saat perhelatan Busworld Southeast Asia 2022 di JiExpo Kemayoran, Jakarta. Ia hadir untuk menjadi model bus perkotaan dengan sentuhan dimanis jugaa futuristik berkat desain lampu LED pada bagian depan.

Pada area samping bus Trans Semarang tampil beda dengan side window graphic yang mengalir hingga ke desain buritan, dikombinasi LED light side untuk menonjolkan kesan Urban Transportation. Hal yang sama juga berlaku pada desain bus TransJakarta yang umumnya serba mengotak dengan orientasi kabin minimalis sebagai ruang untuk menampung penumpang dalam jumlah banyak. 

TransJakarta pakai bodi bus Citouro 12

Sayangnya, selepas penggunaan uni-unit perdana TransJakarta, hingga kini belum ada permintaan baru untuk bus tersebut. "Terkait update unit-unit Transjakarta sementara kami belum ada, semoga kedepannya Transjakarta ada yang tertarik menggunakan model Citouro ini," tutup Albertus.

Baca juga: Deretan Fitur Manjakan Penumpang Bus Sleeper Skylander R22 Aero 9 SLR 0-Gravity Series

Baca juga: Israel Bisa Juga Bikin Bus