DAMRI Jual Ribuan Tiket Bus Selama Liburan Nataru

DAMRI Jual Ribuan Tiket Bus Selama Liburan Nataru
Kerahkan lebih dari seribu bus
 

Pihak Dinas Perhubungan DKI Jakarta (Dishub) termasuk instansi yang sangat disibukkan selama musim libur Nataru tahun ini.  Dishub DKI Jakarta juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan pihak pemangku kepentingan terkait dalam mempersiapkan angkutan di momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Salah satunya lewat, inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum (ramp check) juga dilakukan terhadap lebih dari 4.000 bus antarkota antarprovinsi (AKAP) demi memastikan keselamatan selama di perjalanan.

“Prinsipnya kita sudah siap, sudah melakukan koordinasi dengan rekan-rekan Kemenhub dan Jakarta. Dari total 820 PO yang masuk Jakarta, semua kita lakukan ‘ramp check’ bus, lebih kurang 4.230 bus semuanya itu siap,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, seperti dilansir kantor berita Antara (14/12).

Sejurus dengan itu, unit usaha transportasi angkutan darat milik negara, PT DAMRI, juga mencatatkan  mencatatkan potensi peningkatan volume penumpang pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Seperti diutarakan Corporate Secretary DAMRI, Chrystian R.M Pohan dalam keterangannya (28/12) menyebutkan bahwa pada musim libur Natal atau pada 19-26 Desember 2023, tercatat 805.110 penumpang perjalanan jarak jauh.

Ia menyebutkan, terdapat peningkatan 62,4 persen penumpang pada tahun ini dibanding periode yang sama tahun 2022 yang mencapai 302.948 penumpang.

Di antara terjadinya lonjakan penumpang pada periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini dipengaruhi oleh semakin membaiknya kondisi pasca pandemi yang membuat normalnya mobilitas masyarakat menggunakan transportasi publik.

Bagi DAMRI sendiri, pada periode libur Natal dan Tahun Baru puncak arus mudik terjadi pada 22 Desember 2023 sebanyak 112.097 penumpang, dengan okupansi tempat duduk yang disediakan sebanyak 142.945.

Adapun puncak arus baliknya terjadi pada 1 Januari 2024 sebanyak 1.014 tiket secara daring telah terjual (Cabang Jakarta, Lampung, Pontianak, Yogyakarta, Purwokerto dan Wonosobo) dengan okupansi tempat duduk yang disediakan sebanyak 115.111.

Untuk rute favorit pelanggan perjalanan jarak jauh pada periode libur Natal dan Tahun Baru 2024 ialah Jakarta menuju Surabaya, Malang, Tanjung Karang, Rajabasa, Metro, Purwokerto, Wonosobo, dan Yogyakarta. Kemudian Bandung-Metro, Pontianak menuju Sintang, Pangkalan Bun, serta Angkutan Antar Negara Pontianak-Kuching dan Singkawang-Kuching.

Sementara untuk periode tanggal 19 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, DAMRI mencatat terdapat 40.046 tiket telah terjual dari total tiket yang disediakan sebanyak 53.627 tempat duduk.

Disebutkan kalau tiket tersebut di antaranya adalah untuk rute Transjawa, yaitu Jakarta menuju Yogyakarta, Surabaya, Malang. Kemudian Kemayoran menuju Wonosobo, rute dari dan menuju Lampung, Pontianak, Purwokerto, dan Cilacap.

“Masa angkutan Nataru (Natal dan tahun baru), DAMRI menyiapkan sebanyak 1.324 bus yang telah melalui serangkaian inspeksi keselamatan/rampcheck yang dioperasikan untuk memaksimalkan kenyamanan dan keamanan pelanggan selama perjalanan. DAMRI berkomitmen bahwa keselamatan merupakan fokus utama selama periode Nataru,” kata Pohan.

Dihimbau juga kepada masyarakat yang ingin bepergian agar dapat memesan tiket perjalanan secara digital melalui aplikasi DAMRI Apps, agar tidak terjadi antri di loket yang menyebabkan tertinggalnya perjalanan bus.

Baca juga: Dahsyat, Damri Rilis DD Pertama!

Baca juga: Bus Tata, Pernah Sedekade Berbakti Di Indonesia