FOTO : Bus Cantik Double Decker Ini Akan Mengisi Booth Karoseri New Armada di Busworld 2019

Bus yang akan dipamerkan tersebut diberi nama Skylander akhirnya diungkap tampilan utuhnya kepada publik untuk melampiaskan rasa penasaran netizen dan pemerhati transportasi, Senin (18/3/2019).
 

Seperti kami kabarkan sebelumnya, perusahaan karoseri bus New Armada di Magelang, Jawa Tengah, memastikan diri akan meluncurkan bus baru tipe double decker alias bus tingkat untuk armada antarkota di ajang pameran kendaraan niaga Busworld 2019 yang akan berlangsung selama tiga hari, 20-23 Maret 2019 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Bus yang akan dipamerkan tersebut diberi nama Skylander akhirnya diungkap tampilan utuhnya kepada publik untuk melampiaskan rasa penataran netizen dan pemerhati transportasi, Senin (18/3/2019).  

Bus Skylander dari karoseri New Armada, Magelang.

Benar saja, seperti kami sampaikan sebelumnya, bus ini tampil dengan sejumlah penyegaran yang membuatnya terlihat lebih elegan dibandingkan pendahulunya seperti seri bus double decker Highlander.

Misalnya, tampilan cowl depan, Skylander mengaplikasikan headlamp berdesain baru sepenuhnya. Headlamp ini sudah menerapkan teknologi LED berdesain tidak biasa dan agresif. Begitu juga grill depan.

Lampu kabut atau foglamp juga tampil baru dengan desain housing ala boomerang, membuat terlihat tajam. Kaca depan tampil double untuk visibilitas penumpang dan pengemudi di dek bawah serta penumpang di dek atas.  

Tampilan samping bus Skylander dari karoseri New Armada, Magelang.

Menariknya, pilar horisontal di antara kedua kaca ini tampil polos tanpa memperlihatkan bando seperti tren yang selama ini hadir di bus double decker rancangan karoseri kompetitornya asal Malang dan Ungaran. Spion model tanduk tetap diaplikasikan di Skylander agar memberikan kesan gagah.

Bergeser ke bagian bodi samping, Skylander menyematkan dua pintu penumpang, di bagian overhang depan dan di bagian tengah. Kaca samping untuk dek bawah menampilkan desain bukaan cukup lebar membuat penumpang leluasa memandang ke arah luar. Begitu juga untuk penumpang di dek atas. 

Tampilan belakang bus Skylander dari karoseri New Armada, Magelang.

Titik perhatian utama mata pada bagian dinding samping bus ini adalah aksen 3 dimensi meneyrupai huruf V berwarna silver di bagian samping depan, serta desain kaca di dek atas bagian belakang yang dulu melandai kini menjadi meruncing tajam.

Pilar A pada bus ini masih mempertahankan ciri khas di bus single decker Evolander buatan New Armada, yakni garis tebal melengkung, untuk memberikan akses bahwa desain bodi bus ini dinamis, rounded, tidak kaku.

DI bagian belakang, ruang mesin mendapatkan kisi-kisi gril enam bilah, tiga di  bagian atas dan tiga di bagian bawah dengan aksen silver yang mewah dikombinasikan dengan headlamp LED.

Kaca belakang di dek atas tampil sedikit merunduk untuk memberikan efek aerodinamis di bus ini. Sepasang muffler dengan finisher warna silver disematkan di bagian bumper belakang, membuat tampilan bus ini memesona.