Hino RM280ABS, Bus Anyar Euro 4 Dengan Rem ABS

Hino RM280ABS, Bus Anyar Euro 4 Dengan Rem ABS
Teknologi rem ABS, menyesuaikan dengan kebutuhan perjalanan dengan maraknya tol di Indonesia.
 

Menyongsong berlakunya standar emisi Euro 4 bagi kendaraan niaga bermesin diesel mulai April mendatang, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) meluncurkan produk-produknya yang sudah berstandar emisi Euro 4 ke khalayak pada Rabu (9/2) lalu.

Selain jajaran truk mulai kategori 2, 3 dan 5, juga bus produk berlogo ‘H’ itu sudah menggunakan mesin yang berstandar emisi Euro 4.

“Mulai saat ini, Hino hanya memasarkan versi Euro 4 di Indonesia,” ungkap Santiko Wardoyo, COO-Direktur PT HMSI. Namun menurutnya, pada Big Bus Hino, ada lagi penerapan teknologi yang menyesuaikan dengan kebutuhan di Indonesia.

“Seiring dengan banyaknya jalan tol dan banyak bus yang melalui jalan tersebut, kami memasarkan bus dengan rem berteknologi ABS (Anti-lock Braking System), seperti pada tipe RM280,” terangnya.

Tentunya, dengan adanya ABS, pengereman menjadi lebih baik, terutama ketika permukaan jalan licin. Sistem tersebut akan mencegah roda terkunci saat dilakukan pengereman yang kuat, sehingga bus masih dapat dikendalikan.

Hino RM280 ini juga menggunakan suspensi udara tipe wide, sehingga lebih nyaman dan stabil. Untuk rangkanya sendiri, tipe space frame, sehingga memiliki ruang bagasi yang luas, saat sudah dibuat menjadi bus.

Namun, ABS ini sebenarnya sudah diterapkan pada truk terlebih dahulu. “Truk yang digunakan untuk trailer tangki bahan bakar, sudah ada ABS-nya, sesuai persyaratan dari pengguna (perusahan perminyakan),” tutur Irwan Supriyono, Aftersales Director PT HMSI.