Karoseri Tentrem Rilis Dua Bus Mewah Avante, Serupa Tapi Beda Kelas

Karoseri Tentrem Rilis Dua Bus Mewah Avante, Serupa Tapi Beda Kelas
Selain sama-sama memakai bodi Avante, keduanya juga dibangun dari merek sasis yang sama, yakni Mercedes-Benz. Tapi ternyata banyak perbedaan antara kedua bus tersebut.
 

Belum lama ini karoseri Tentrem, Malang menghadirkan dua bus mewah berbodi Avante. Keduanya dipesan oleh perusahaan otobus (PO) berbeda. Yakni PO New Shantika asal Jepara dan PO Bintang Utara Putra dari Medan.

Selain sama-sama memakai bodi Avante, keduanya juga dibangun dari merek sasis yang sama, yakni Mercedes-Benz. Tapi ternyata banyak perbedaan antara kedua bus tersebut. Seperti apa?

Kita bahas bus PO Bintang Utara Putra lebih dulu. Bus ini mengandalkan sasis tronton Mercy OC500RF 2542. Bodinya mengandalkan Avante H9 yang secara ketinggian dek setara Super High Deck, atau sekitar 3,9 meter. Makin mewah, peleknya memakai Alcoa Wheels yang berbahan aluminium.

Foto: Bintang Utara Putra (Sitohang-New Hunter)

Bus tersebut memiliki konfigurasi seat 2-2 dengan jok lebar dan nyaman dari Rimba Kencana. Kelengkapan lainnya, bus ini terdapat LED TV, toilet dan smoking room.

Paling menarik, bus ini tidak dilengkapi AC. Makanya disebut kelas Economy Luxury. Ini seolah jadi tambahan armada kelas tersebut di PO Bintang Utara Putra. Sebelumnya Bintang Utara Putra juga memiliki bus Economy Luxury yang dibangun dengan bodi Avante generasi pertama.

Beralih ke bus New Shantika, memiliki sasis Mercedes-Benz OH 1626. Memang bukan sasis premium seperti tronton yang dipakai Bintang Utara. Namun secara kelas justru lebih mewah, yakni Super Executive.

Yup, bus ini memiliki seat mewah dan lega berkonfigurasi 1-2 dari Rimba Kencana. Fasilitasnya, selain AC, toilet juga ada smoking room. Nantinya bus ini akan bertugas di jalur AKAP, Jakarta-Jepara pergi pulang.

PO New Shantika

Sementara dari luar, bodinya berwarna coklat gelap tanpa ada grafis livery. Sebagai gantinya terdapat aksen krom yang menambah kesan elegan pada bus berbodi Avante H8 itu.

Secara bodi, Avante H8 memiliki tinggi yang sama dengan versi H7. Ini artinya lebih rendah dari Avante H9 milik Bintang Utara Putra. Namun ukuran bagasinya yang dilengkapi space frame sama-sama tetap dapat mengangkut sepeda motor.