Karoseri Tentrem Siap Tampilkan Max HDD di Pameran Busworld 2019

Max HDD merupakan rancangan karoseri bus terbaru dari Tentrem untuk tipe bus bermesin depan.
 

Perusahaan karoseri bus ternama Tanah Air, karoseri Tentrem asal Malang, Jawa Timur, akan tampil di ajang pameran kendaraan komersial Busworld 2019 South East Asia yang akan digelar selama tiga hari mulai 20 sampai 22 Maret 2019 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta.

Pameran ini akan menampilkan pelaku industri transportasi penumpang seperti industri karoseri bus, produsen chassis bus sampai industri pendukung seperti produk komponen. Di pameran yang untuk pertama kalinya akan digelar di Kota Jakarta ini, Karoseri Tentrem akan memamerkan bus terbarunya Max HDD.

Kepastian akan ikut sertanya Tentrem di pameran ini diumumkan di akun media sosial Karoseri Tentrem, hari Minggu (2//3/2019) kemarin.

Bus Max HDD buatan Karoseri Tentrem, Malang.

Max HDD merupakan rancangan karoseri bus terbaru dari Tentrem untuk tipe bus bermesin depan. Model ini sudah resmi dipasarkan oleh karoseri ini sejak 2018 lalu dan sejumlah perusahaan otobus (PO) sudah menjadi pemakainya. Antara lain, PO Akas IV, Probolinggo, PO Asli Prima Jakarta, serta PO Maju Lancar, Yogyakarta.

Max HDD memiiki ciri khas pada desain kabinnya yang tinggi, membuat pemandangan penumpang bus ke arah luar menjadi lebih lega. Lantai bus dirancang rata mulai dari kabin di area depan sampai ke belakang, sehingga menghilangkan gundukan ruang mesin seperti biasa kita temukan di kabin bus bermesin depan.

Ciri khas lainnya dari model Max HDD adalah kaca depan yang menggunakan dua buah kaca, di bagian atas dan bawah dengan penambahan bando sebagai frame, diantara kedua kaca. Bus menjadi terlihat lebih gagah jika dilihat dari luar.

Bus Max HDD buatan Karoseri Tentrem, Malang, yang dioperasikan PO Asli Prima.???????

Bus Max HDD juga sudah mengaplikasikan lampu depan (headlamp) LED. Begitu juga pada lampu di rear lamp agar saat mengemudi di malam hari visibilitas pengemudi terhadap jalan dan pemakai jalan lain terhadap bus ini menjadi lebih terlihat jelas. Pencahayaan LED juga diaplikasikan pada ruang kabin.

Max HDD ini bisa diaplikasikan pada chassis bus tipe besar (big bus) bermesin depan seperti Hino A215 dan yang terbaru chassis Mercedes-Benz OF 1623. Saat acara peluncuran chassis bus Mercedes-Benz OF 1623 beberapa waktu lalu di ICE BSD City, Tangerang Selatan, PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) mempercayakan kepada Karoseri Tentrem untuk aplikasi bodi building di chassis ini.