Masih Mulus, Ini Tampang Bus Wisata Tertua di Jepang

Masih Mulus, Ini Tampang Bus Wisata Tertua di Jepang
Seperti bus andalan Tomotetsu ini yang merupakan salah bus tertua di Jepang yang masih beroperasi.
 

Mobil-mobil yang beredar di Jepang memang mengalami pembatasan usia. Namun untuk kendaraan umum seperti bus, masih ada operator yang mempertahankan kendaraan tuanya sebagai pengangkut wisatawan.

Seperti bus andalan Tomotetsu ini yang merupakan salah bus tertua di Jepang yang masih beroperasi. Bus ini keluaran Isuzu dengan tipe BX341 buatan 1958. Di masa itu, bus-bus masih mengandalkan mesin di depan dengan bonnet panjang.

Bus ini memang sudah berusia 62 tahun, namun tetap terlihat mulus dan gagah. Hal ini terlihat dari panel-panel bodinya yang seolah bebas karat. Selain itu, lampu-lampu dan bumper besinya juga masih asli.

Foto: Naoyoshi Yamada

Menariknya, bodi bus yang berdesain 'streamline' ini dibangun dengan menyatukan lembaran-lembaran plat yang dipaku rivet. Bodi tersebut tak lagi dilapis dempul. Sehingga alur rivetnya terlihat sangat jelas.

Detail lainnya adalah jendela samping dengan bukaan geser ke atas dengan dua panel. Serta sebuah pintu lipat pada sisi kiri tengahnya dan sebuah pintu darurat di bodi belakangnya.

Saat ini Isuzu BX341 tersebut tak lagi berdinas sebagai bus antarkota seperti dahulu. Namun kini jadi bus wisata dalam kota Hiroshima yang bakal mengantarkan wisatawan saat akhir pekan dan selama liburan, kecuali di musim dingin.