PO Bus AKAP Ganti Mesin Besar, Karena Mesin Kecil Kerap Jebol Di Tol

PO Bus AKAP Ganti Mesin Besar, Karena Mesin Kecil Kerap Jebol Di Tol
"Bus digeber terus di jalan yang panjang, akhirnya di tengah jalan jebol," ujar ketua umum IPOMI, Kurnia Lesani Adnan. Dengan sasis bus berkapasitas besar, diharapkan tak terulang kejadian tersebut.
 

Membaiknya infrastruktur jalan tol di Jawa dan sebagian Sumatra, dinilai sebagai nilai plus untuk mendongkrak daya saing layanan perusahaan otobus kepada konsumen. Banyak Perusahaan Otobus (PO) berlomba mempersingkat waktu tempuh perjalanan dengan pilihan armada yang lebih bertenaga dengan beralih menggunakan sasis bus bermesin besar dengan kapasitas di atas 7.000 cc.

Sasis bus bermesin 11.000 cc dengan tenaga mesin 360 daya kuda (dk) ke atas, yang belakangan diminati pengusaha adalah Scania K360 IB (4x2), Scania K410IB (6x2), Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 (6x2), serta Volvo B11R bertenaga 430 dk (6x2). Bus-bus semacam ini dianggap memenuhi kebutuhan operasi armada dengan endurance panjang dan melintasi jalan tol terus menerus.

"Maaf, tidak bisa saya sebut nama PO-nya. Ada beberapa PO yang telah mengalaminya. Bus digeber terus menerus dalam perjalanan panjang. Akhirnya di tengah jalan jebol (karena menggunakan mesin bus berkapasitas lebih kecil)," ungkap Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), Kurnia Lesani Adnan, saat dihubungi Rabu (8/1/2020).

Menurut pria yang juga direktur utama PO Siliwilangi Antar Nusa (SAN) ini, memangkas waktu tempuh perjalanan merupakan keharusan. Hal itu, lanjut dia, merupakan tuntutan konsumen dan kondisi persaingan. "Dengan tersambungnya jalan tol di Jawa, banyak orang berminat untuk melakukan perjalanan untuk berbagai keperluan. Mobilitas masyarakat semakin tinggi, oleh karena itu bus-bus juga harus menangkap tren ini," ungkapnya.

"Layanan harus diperbaiki, selain bus yang nyaman juga waktu tempuh harus lebih cepat. Ini tuntutan keadaan. Kalau tidak, bus akan ditinggalkan masyarakat," terang pria yang akrab disapa Sani itu.

Pernyataan senada diungkapkan Direktur Utama PO Gunung Harta, I Gede Yoyok Santoso. Dia menyebut, dibanding moda transportasi lain, seperti kereta api dan pesawat terbang, bus sejatinya sudah memiliki daya saing yang sifatnya fleksibel dalam hal pengantaran penumpang ke tempat tujuan.

"Bus itu fleksibel. Sifat layanannya point to point, yaitu dari satu tempat ke tempat lain, yang merupakan tempat atau kota tujuan penumpang. Atau minimal mendekati kota tujuan akhir penumpang. Kalau moda lain kan enggak (pesawat hanya sampai di Bandara, dan kereta berhenti di stasiun). Sehingga butuh lagi waktu perjalanan dan ongkos yang lumayan," ungkap Yoyok, saat dihubungi, Rabu (8/1/2020).

Namun, keunggulan ini saja belum cukup. Sebab, kesibukan masyarakat saat ini juga meningkat. Bukan hanya soal gaya hidup, namun juga tuntutan ekonomi atau pekerjaan. Waktu sangat diperhitungkan. Karena itu, waktu perjalanan dalam berpergian sangat menentukan. "Di sinilah, pentingnya bagi PO memilih sasis bus dengan mesin-mesin yang sanggup menopang perjalanan terus menerus di rute panjang, tanpa berhenti dan sekaligus cepat," terang Yoyok.