Seperti Ini Karoseri Peniru Bodi Bus Laksana Di Bangladesh

Seperti Ini Karoseri Peniru Bodi Bus Laksana Di Bangladesh
Salah satunya bocoran foto proses pembuatan bodi bus dari karoseri Ever Bright Motors.
 

Sejak hadir di Bangladesh tahun lalu, bodi bus Legacy SR-2 dari karoseri Laksana, Indonesia, kerap jadi inspirasi alias incaran untuk ditiru. Bermacam karoseri lokal Bangladesh pun ikut menghadirkan bus tersebut.

Salah satunya bocoran foto proses pembuatan bodi bus dari karoseri Ever Bright Motors. Tak tanggung, ada puluhan bus yang tengah membuat bodi di sana dengan bermacam merek sasis.

Di antaranya Trust Transport Corp. dengan sasis Tata Ultra sebanyak 10 unit. Lalu N. Mollick dan Ena Transport Limited dengan sasis Ashok Leyland Eagle 180. Dan terakhir ada Shahdin Travels dengan sasis Isuzu LT 133P sebanyak 3 unit.

Dari foto-foto yang disebar di Bus Lovers Bangladesh ini, terlihat proses pembuatan bodi tersebut. Mulai dari membuat kerangka bodi, lantai dan atap. Kemudian perakitan bodinya.

Lalu masuk ke tahap pendempulan dan pengecatan. Serta pemasangan detail lainnya. Seperti bagian bumper depan yang dikerjakan berbarengan dengan pemasangan lampunya.

Kemudian perakitan interior dan finishing. Semua proses hampir sama dengan pengerjaan bodi di Indonesia. Khususnya dari bengkel perbaikan bodi bus.

Namun masih jauh jika disandingkan dengan karoseri di Indonesia, khususnya Laksana di Ungaran yang produknya dicontek di sana. Karena selain lebih besar, Laksana juga melakukan pengujian berstandar ECE.R66 terlebih dahulu.