Soal Impor Lampu Utama Seputaran Produksi Jetbus 5

Soal Impor Lampu Utama Seputaran Produksi Jetbus 5
Vendor lampu konon dari Tiongkok
 

Jetbus 5 Adiputro pelan tapi pasti berhasil menggantikan era Jetbus 3. Bodi bus terbaru yang diperkenalkan saat GIIAS 2023 lalu sukses diterjemahkan dalam beragam varian mulai dari MHD Dream Coach Jetbus 5, MHD Single Glass Jetbus 5, SHD Single Glass Jetbus 5, SHD Double Glass Jetbuss 5, Medium Single Glass Jetbus 5, dan SDD/Double Decker Jetbus 5. Pesanan pun mengalir deras ke karoseri asal Malang itu tersebut, meski pada prosesnya tak semulus yang dibayangkan. 

Salah satu hal yang menjadi sorotan ialah kendala distribusi lampu. Pasalnya lampu utama menyipit ala 'headlamp Stargazer' merupakan buatan vendor Adiputro yang beberapa waktu sempat tersendat pasokannya. "Ada sedikit miscomm dengan pihak vendor (lampu) tapi sekarang sudah terpenuhi" kata David Jethrokusumo, Direktur PT Adiputro Wirasejati, saat dihubungi langsung (30/9). 

Dipastikan pasokan lampu utama sudah 'aman'

Lampu-lampu anyar yang diterapkan pada unit Jetbus 5 disinyalir merupakan produk vendor dari Tiongkok. Nampak dari postingan @voxy.1tr pada 20 September lalu bertuliskan "Whooppsss, Siap Rilis, Tinggal tunggu lampu dari China, Stargezer pertama di Purwodadi, Garuda Mas, Jetbus5 SHD, Hino RM". Postingan ini sontak memancing reaksi netizen yang mempertanyakan perihal produsen lampu Jetbus 5 tersebut. 

"Lho iya ta dari China ta mas lampune bukane buat sendiri" tanya akun IG @mas_zaky46. Pertanyaan ini lantas direspon oleh akun IG @004janakha yang menulis "@mas_zaky46 semua karoseri ambil lampu dr China... karoseri hanya buat desain dan pembuatannya kerjasama sama vendor luar". "iya...kan pada dasarnya karoseri hanya bodi builder jd kelengkapan pendukung seperti lampu louver ac dll kerjasama dengan vendor" tambahnya. 

Meski sempat menjadi isu, permasalahan lampu ini nampak sudah mulai terpecahkan. Terhitung sejak seminggu terakhir yakni 25 September 2023 lalu, Adiputro sudah menerima paket lampu utama juga lampu spion dan tinggal dipasangkan ke puluhan Jetbus 5 yang sudah dirancang mereka. Kehadiran lampu ini menjadi pelengkap ciri khas fascia Jetbus 5 yang modern dengan desain lampu anti-mainstream yang mengubah penempatan lampu kota (DRL) model LED memanjang di bagian atas, sementara untuk penempatan headlamp digeser agak ke bawah. 

Konon PO Subur Jaya yang paling banyak pesan Jetbus 5 di batch Pertama tahun 2023

Nah puluhan Jetbus 5 yang sudah siap ini memang bukan dikerjakan dalam proses semalam. "Dari enam produk (Jetbus 5) ini semuanya jagoan kami dengan pembaruan menyeluruh hasil pengembangan desain sejak 3 tahun yang lalu. Namun semakin diseriusi mulai dari skesta hingga ke prototype lalu moulding sejak setahun terakhir dan aktif produksi selama enam bulan," kata David. 

Salah satu pemesan Jetbus 5 terbanyak disinyalir adalah PO Subur Jaya yang dikabarkan memesan 40 unit Jetbus 5. Catatan ini tentu belum dengan pesanan berbagai PO yang lain sehingga, antrean Jetbus 5 diproyeksi bakal semakin mengular. "Benar untuk (pengerjaan Jetbus 5,Red) yang selesai di Desember memang sudah penuh. Jadi sasis masuk bisa, tapi selesai setelah Desember," kata David. Artinya jika ada Perusahaan Otobus (PO) yang saat ini berminat dibangung bodi Jetbus 5 dengan sasis baru, atau sekadar facelift menggunakan sasis lama, bisa mendapatkan unitnya empat bulan ke depan alias di Februari tahun 2024.

Baca juga: Siapakah KG Mobility Si Pemakai Bodi Jetbus 5 Versi Listrik?

Baca juga: Jetbus 5 PO Travelink Resmi Wara-wiri di Bali