Torsus, ‘Bis Sekolah’ Paling Bertenaga

Torsus, ‘Bis Sekolah’ Paling Bertenaga
Bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan
 

Nampaknya pabrikan bus maupun truk asal wilayah Eropa Timur memang punya spealisasi membuat produk yang bertenaga besar. Termasuk pabrikan bus bernama Torsus yang asli Ceko, punya kekhususan membuat maupun merubah peruntukan kendaraan angkut yang bisa melalui medan halang rintang.

Nama resminya Torsus “Praetorian”, bermesin diesel 6.900 cc buatan MAN dengan daya puncak 290 daya kuda. Lebarnya 2,54 meter, panjang 8,7 meter, punya ground clearance sampai  400 mm. Tramsisinya semi otomatis.

Sejak awal memang dikonsepsikan sebagai kendaraan yang bisa dipakai untuk kegiatan luar ruangan seperti pada area pertambangan, sebagai mobil darurat bencana, sampai untuk kegiatan wisata alam bebas. Daya muat penumpangnya bisa sampai 35 orang.

Bus yang harga di negara asalnya sekitar 170 ribu Euro ini, sekitar 2,7 miliar itu muncul perdana di tahun 2020.

Sebagai kendaraan yang bisa melintasi medan berat, bus ini bisa melahap trek tanjakan dengan kemiringan sampai 28 derajat. Kemudian bisa juga melintasi turunan dengan posisi moncong dengan break over angle sampai 40 derajat. Bisa juga melintasi genangan air setinggi 680 mm.

Keempat bannya, dan satu cadangan, punya ukuran 365/80 R20. Untuk roda depan ada penopang peredam kejut konvensional dengan per daun yang dilengkapi Diffrential Lock. Sementara di roda belakang serupa dengan depannya namun bersuspensi udara.

Bisa juga diperuntukan sebagai Camper Van