Ukraina, Jagoan Bikin Truk dan Bus

Ukraina, Jagoan Bikin Truk dan Bus
Salah satu pusat manufaktur di Eropa
 

Ukraina, nama yang menjadi buah pembicaraan tingkat dunia dalam beberapa bulan ini. Terlepas dari konfliknya yang masih berlangsung, Ukraina sebenarnya merupakan salah satu penghasil kendaraan bermotor. Tidak lepas juga bahwa wilayah yang kini berpenduduk 44 juta jiwa itu memang sejak era Uni Soviet merupakan salah satu basis manufaktur di Eropa. 

Salah satunya bernama Bogdan Corporation yang juga punya alinasi strategis dengan Isuzu. Pusat produksinya berada di kota Cherkasy punya kapasitas produksi yang tidaklah kecil. 120-150 ribu mobil penumpang bisa dibuat dalam setahun. Untuk kemampuan menghasilkan bus ada angka terpasang 9 ribu unit dalam satu tahun. 

Bogdan, pabriknya punya kapasitas menghasilkan ribuan unit bus tiap tahun

Bus gandeng buatan Bogdan yang popular adalah seri T801, ada seri T601 dan juga A701 yang masih dipriduksi hingga kini. Selain kendaraan untuk kebutuhan sipil, Bogdan juga mampu hasilkan sejumlah kendaraan untuk kebutuhan militer.

Selain Bogdan, ada juga nama Chernihiv yang bernaung di bawah korporasi Etalon yang juga merupakan kampiun manufaktur sejak era Uni Soviet. Berdiri tahun 2003, dikenal juga sebagai salah satu produsen bus untuk kawasan Eropa Timur.

Etalon punya alinasi strategis dengan kampiun otomotif asal Tiongkok, FAW. Produk yang bisa ditemui kalau berkunjung ke Ukraina adalah bus Etalon “Astra” maupun BKM 321 yang bertenaga listrik.

Etalon

Nah, satu lagi nama kampin truk yang berasal dari kawasan Ukraina, KraAZ yang mulai beroperasi tahun 1945. Awalnya pendirian pabrik di wilayah Kremenchuk itu guna memasok komponen jembatan. Baru di tahun 1956, muncul produk lain peralatan berkebun dan pertanian.

Tahun 1958, pemerintah Uni Soviet, waktu itu merombak industry perkakas itu menjadi salah satu pembuatan kendaraan angkut berat. Seri 222 yang merupakan truk angkut tanah adalah produksi pertama dari pabrikan KrAZ ini di tahun 1959. Dan ternyata punya peminat yang tak sedikit, terbukti telah diekspor ke 26 negara seperti Argentina, India, sampai Tiongkok.

Sampai sekarang, KrAZ merupakan salah satu produsen kendaraan angkut berat, baik untuk sipili maupun militer, yang produksinya masih mengalir ke sejumlah negara Eropa Timur, Amerika Latin, dan juga negara di kawasan Asia Selatan.  

KrAZ merupakan produsen truk asal Ukrainan yang juga punya kemampuan bikin truk untuk kebutuhan sipil maupun militer