Confirmed, Namanya Toyota Hilux Rangga

Confirmed, Namanya Toyota Hilux Rangga
Rilis perdana bulan ‘Januari’ 2024
 

Tanggal 28 November 2023 Toyota Hilux “Champ” rilis perdana di Thailand. Produk yang tadinya berkode IMV 0 ini memang digadang-gadang jadi tulang punggung baru bagi Toyota untuk segmen komersial kelas ringan.

Toyota Motor Corporation dan Toyota Motor Thailand bahkan sudah mencanangkan bahwa Champ merupakan ‘mobil nasional’ Thailand. Harga yang dilansir mulai dari 459 ribu sampai 577 ribu Baht, setara Rp 203.516.514 sampai Rp 255.836.664, dan juga sudah dibuka proses indennya secara resmi.

Dalam presentasi produk saat inagurasi di Bangkok tersebut telah ditampilkan setidaknya 11 model ubahan bodi yang dimungkinkan pada Hilux Champ. Tersedia dua varian berdasarkan wheelbase; short dan long. Ada juga tiga pilihan mesin; 2.000 cc (bensin), 2.700 cc (bensin), dan 2.400 cc (diesel).

Mobil ini punya spesifikasi dasar; komposisi dimensinya 5300 x 1785 x 1735 mm (panjang x lebar x tinggi), wheelbase 3.085 mm, penggerak 2WD, bobot kosong 2.790 kilogram, minimum radius putar  5,4 meter, kapasitas angkut 1 ton, mesin 2.400 cc (diesel), opsi transmisi 5 percepatan (manual) dan 6 percepatan (otomatis).

Pihak PT Toyota-Astra Motor saat dihubungi tidak menampik perihal makin dekatnya waktu rilis perdana mobil serupa. Dimas Aska selaku Head of Media Relation PT Toyota-Astra Motor (TAM)  menyebutkan bahwa jadwal rilis IMV 0, versi Indonesia dinamai Toyota Rangga adalah tahun depan.  ”Soalnya banyak persiapannya termasuk spare part, lalu karoseri, paket (modifikasi bodi, Red), dan lain-lain, ” ujarnya saat dihubungi langsung (28/11).

Ditambahkan juga oleh Dimas yang juga piawai bermain gitar bas itu, proyek perdana bernama IMV 0 (baca zero, Red) sebenarnya sudah dimulai dari lima tahun lalu. “Waktu itu yang datang ke Indonesia hanya berupa mock up dalam skala satu banding satu. Proses selanjutnya dilakukan riset dengan melibatkan engineer Toyota di Indonesia, Thailand, dan Jepang ke sejumlah tempat seperti ke sebuah pasar di wilatah Bogor,” jelasnya lagi dalam satu perhelatan media gathering di Jakarta (12/12).

Di sana dilakukan proses pengambilan data soal kebutuhan riil atas spesifikasi sampai desain bak maupun bodi yang dibutuhkan calon penggunanya yang notabene para pedagang pasar. “Banyak yang disampaikan oleh para calon pengguna itu, misalnya sampai pada soal desain buka tutup bak ‘3-way’ yang sesuai dengan kebiasaan pemakaian di Indonesia,” ujarnya lagi.

Interior diperkirakan tidak akan berubah banyak dibandingkan versi Thailand (Headlight.ig)

Nantinya Toyota Hilux Rangga untuk bisa memenuhi kebutuhan bisnis, public service, dan lifestyle

 “Kami menyiapkan Toyota Hilux Rangga untuk tiga kebutuhan utama di pasar Indonesia, yaitu; bisnis, public service, dan lifestyle,” imbuh Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (12/12). Sejurus kemudian diterangkan lebih lanjut oleh Dimas, karena proyeksinya harus bisa memenuhi beragama kebutuhan, termasuk untuk kepentingan militer maka pihak PT Toyota-Astra Motor punya pekerjaan tambahan dalam mempersiapkan ‘ekosistem’ yang solid.

Salah satunya menyiapkan insititusi pendukung yang akan bisa mengerjakan bodi pesanan calon pembeli. “Kami menghindari adanya kemungkinan bodi tambahan pada Rangga yang tidak bisa dipenuhi oleh pihak dealer. Oleh karena itu kami sudah melakukan pendekatan intensif paling tidak selama dua tahun ini dengan sekitar 50 perusahaan karoseri di seluruh Indonesia agar berbagai opsi bodi pada Hiux Rangga bisa terpenuhi dengan  baik sesuai dengan standar Toyota,” urai Dimas.

Dimas mengatakan lagi bahwa untuk spesifikasi pasar Indonesia hanya akan tersedia dalam opsi short wheel base saja, sementara mesinya ada dua varian yakni 1TR-FE (bensin) dan 2GD-FTV (diesel). Pemilihan short wheel base juga, lagi-lagi, karena karakter serta kontur jalan di seantero Nusantara yang penuh tikungan serta lebar jalan yang termasuk ‘sempit’.

Baca juga: Toyota Hilux Berubah Menjadi Mini Manhauler

Baca juga: ‘Toyota Rangga 'Jadi' Rilis Januari 2024?

Untuk versi "Rangga" kemungkinan lampu utamanya akan berbeda dibandingan versi Hilux Champ di Thailand (Headlight.ig)

Toyota Hilux versi Maunhauler untuk wilayah pertambangan buatan karoseri Delima Jaya asal Bogor, infonya akan jadi salah satu karoseri penggarap bodi untuk Hilux Rangga