Hampir Terlupakan, Volkswagen Basis-Transporter Yang Hanya Diproduksi 6200 Unit

Hampir Terlupakan, Volkswagen Basis-Transporter Yang Hanya Diproduksi 6200 Unit
Pikap yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan dan penggunaan ini, sempat dibuat pada 1970-an, di berbagai belahan dunia, dengan mesin VW Beetle.
 

Seperti dilansir Motor1, mungkin ini model Volkswagen (VW) paling langka yang pernah diproduksi. Ketika itu, mobil ini bisa ditemukan pada negara berkembang, seperti Meksiko, Turki, Pakistan, India dan banyak lagi, di mana VW Beetle cukup populer. Kala itu muncul permintaan pada Volkswagen untuk membuat pikap dari mesin Beetle.

Dibandingkan saat ini, VW Basis-Transporter sosok yang loyo. Karena meski menggunakan mesin 1.600 cc, hanya menghasilkan daya 50 hp dari mesin Beetle. Saat diajak ngebut,  kecepatan tertinggi hanya 77 kpj. Keunggulannya hanyalah daya angkut dengan kapasitas muatan 1 ton. Selain itu, desain yang unik juga membuatnya menarik. Hal ini berhubugnan dengan penempataan mesin dan girboks di bawah kabin, yang menggerakkan roda depan.

Basis-Transporter mempunyai berbeda di negara tempat ia dijual, disebut Trakbayan, yang artinya "truk pedesaan" di Filipina, di india bernama Mitra dan beberapa nama lainnya.

Proses produksi yang terbatas ketika itu,  membuatnya menjadi jenis langka, karena banyak truk 'rakyat' itu digunakan angkutan yang membantu membangun negara-negara berkembang ini.

Baca : VW Mitra : KBNS Berpenggerak Roda Depan Dan Berpendingin Udara