Honda Punya Pikap?

Honda Punya Pikap?
Hanya untuk pecinta Honda
 

Memang tidak lazim untuk mengingat bahwa pabrikan Honda punya produk pikap di era yang modern seperti saat ini. Namun sebenarnya Honda memang punya satu model pikap, dan produk ini termasuk digemari. Walaupun memang masih terbatas untuk pasar Amerika Serikat darn sekitarnya.

Ya, Honda Ridgeline memang merupakan model dari Honda yang unik karena sebagai sebuah pikap ternyata sering disebut punya kenyaman yang khas sedan atau MPV yang menag jadi keunggulan Honda. Sebagai sebuah pikap ukuran sedang, untuk ukuran Amerika Serikat, Ridgeline ternyata sudah punya fans tersendiri.

Ada catatan kalau penjualan pikap Honda ini di Amerika Serikat selama tahun 2022 sebanyak 42.762 unit. Memang bukan yang terbesar, paling  laris masih dipegang Toyota Tacoma, namun pikap ini sejak awal memang dibuat untuk pasar Negeri Paman Sam.

Bukan hanya itu, Honda Ridgeline secara khusus merupakan karya tim riset Honda Amerika. Konsep  dasarnya terbilang ambisius, berupaya menggabungkan esensi berkendara dengan sedan, minivan, dan SUV dalam bentuk sebuah pikap. Rilis perdananya di bulan Maret 2005, termasuk proses yang cepat jika merunut proses desainnya yang dimulai tahun 2001.

Terbilang unik juga tahap awal desain Ridgeline memakai basis dari sebuah Acura NSX yang dirubah kompertemen belakangnya dengan adanya sebuah bak barang. Walaupun begitu, platform ‘gado-gado’ ini diklaim punya komposisi sampai tujuh persen saja komponennya berasal dari model Honda yang lain.

Produksi untk generasi pertama berakhir di awal tahun 2015, setahun kemudian muncul generasi kedua yang bisa dibilang tidak lagi banyak menyisakan basis generasi pertama. Karena pada generasi kedua memakai basis yang disebut "Global Light Truck Platform" yang serupa pada Honda Pilot. Walaupun pihak Honda sendiri menyebut bahwa 73 persen dari komponen yang sudah ada sebelumnya tidak berubah, bahkan sampai generasi ketiga. 

Pemakaian platform baru membuat Ridgeline mempunyai potensi daya angkut lebih besar lagi. Aling tidak bisa dilihat dari wheelbase lebih panjang dari generasi sebelumnya. Selain itu Ridgeline generasi kedua juga diklain lebih kuat sekaligus lebih ringan dari bobot keseluruhang. Angka klaimnya turun 35 kilogram dibandingkan generasi sebelumnya.

Hal yang unik lagi, meski berada di segmen kendaraan yang persaingannya ketat, namun Honda Ridgeline yang dimensinya tidak jauh berbeda dibandingkan Ford Ranger, ternyata tidak untuk merangsek pasar secara konvensional.

Honda Ridgeline yang punya panjang 5,3 meter, lalu lebarnya 1,9  meteran, dan tinggi sekitar 1,7 meter itu secara spesifik ‘hanya’ untuk pecinta mobil Honda. Targetnya ada 18 persen pemilik mobil Honda di wilayah Amerika yang akan juga mempunyai Ridgeline.