Seperti Inikah Interior Toyota Rangga?

Seperti Inikah Interior Toyota Rangga?
Serupa dengan ‘saudaranya’ di Filipina, Toyota Tamaraw
 

Saat gelaran GIIAS 2023 yang lalu (10-20/8) Toyota Rangga muncul perdana. Hadir sebagai kendaraan berkonsep modular yang akan bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan berkendara.  Tahun lalu d Thailand dilansir satu model yang berkode IMV-0 (baca: zero), secara khusus Akio Toyoda selaku orang tertinggi di Toyota menyebutkan bahwa mobil konsep itu akan menjadi salah satu mobil Toyota yang desainnya paling fenomenal.

Secara khusus juga proyek IMV-0 juga dipandu oleh Simon Humphries selaku Chief Branding Officer and Head of Design dari Toyota Motor Corporation. Pria ini juga berada dibalik desain Land Cruiser 250.

Nah, satu minggu berjalan usai ajang GIIAS 2023, pihak Toyota di Filipina juga mendapat giliran untuk merilis kendaraan  yang sama dengan nama Tamaraw. Nama ini sejatinya sudah muncul untuk dinamakan pada Toyota Kijang yang diekspor ke Filipina selama periode 1976-2005.

Toyota Rangga, mobil konsep modular dengan karakter desain paling mutakhir 

Secara khusus juga proyek IMV-0 juga dipandu oleh Simon Humphries selaku Chief Branding Officer and Head of Design dari Toyota Motor Corporation. Pria ini juga berada dibalik desain Land Cruiser 250. Karena memakai basis IMV, mobil konsep Toyota Rangga merupakan hasil kolaboratif unit bernama Toyota-Daihatsu Engineering & Manufacturing (TDEM), dimana di dalamnya juga ada kehadiran para insinyur asal Jepang dan juga Australia.

Pasar ASEAN memang punya animo khusus akan kendaraan yang benar-benar memenuhi aspek  multipurpose. Bisa memakai satu unit kendaraan yang dapat dipakai ke sejumlah kegiatan tanpa harus berganti mobil.

Kalau sudah begini, interior yang juga bisa memaksimalkan soal utilitas tinggi juga akan jadi faktor penting. Menilik dari simulasi desain kabin pada mobil konsep IMV-0 itu maka secara umum desainnya memang akan lebih sederhana jika dibandingkan karakter interior Innova ataupun Fortuner.

Bisa jadi, nanti kalau hadir secara resmi yang digadang-gadang paling cepat akhir tahun ini, karater kompertemen depan dari Innova varian G akan lebih memungkinkan. Terlebih jika estimasi harga dari Toyota Rangga itu akan kompetitif dibandingkan Mitsubishi L300.

Kabin Toyota Rangga diperkirakan tidak akan lebih mewah dari kabin Innova G

Perkiraan harga di area Filipina, untuk Toyota Tamaraw akan dihargai mulai dari 750.00 Peso, setara Rp 202 jutaan. Sebagai perbandingan, di pasar Indoensia, sebuah Mitsubishi L300 versi standar punya label harga Rp 224 jutaan, Suzuki Carry harganya mulai Rp 166 jutaan, Isuzu Traga label harganya mulai Rp 242 jutaan.  

Serupa dengan saudaranya, Rangga, Tamaraw juga belum bisa dipastikan akan menggendong dapur pacu yang mana dari sejumlah pilihan mesin di Toyota. Namun di Filipina cukup santer akan, salah satunya, menggendong mesin 2GD-FTV dengan transmisi manual enam percepatan.

Mesin berkode 2GD-FTV adalah mesin diesel common rail berkapasitas 2.393 cc dengan turbocharger (VNT) dan intercooler. Ia memiliki 16 katup dan desain DOHC (double overhead camshaft). Mesin yang juga ada pada Toyota Innova maupun Fortuner ini bisa hasilkan tenaga sampai 149 daya kuda

Namun tidak tertutup kemungkinan aka nada pembangkit daya hibrida maupun listrik penuh.

Baca juga: Mungkin Segini Harga Toyota Rangga…

Baca juga: Toyota Rangga Akan Pakai Mesin Innova Gen 1?