Skoda Felicia Fun: Pikap Asal Ceko Yang Terlupakan

Skoda Felicia Fun: Pikap Asal Ceko Yang Terlupakan
Pernah jadi mobil favorit di Eropa
 

Skoda, termasuk nama yang tenar di wilayah Benua Biru alias Eropa. Namun produk asal Ceko ini berdasarkan sejumlah literasi nama Skoda sempat jadi ‘saksi’ dalam perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia di tahun 1945 karena menjadi tunggangan Bung Karno saat menuju rumah Laksamana Maeda.

Saat ini Skoda berada di bawah naungan Volkswagen yang beberapa produk berbagi platform dengan VW dan juga SEAT yang asal Spanyol itu. Sudah jadi kabar burung sejak lima sampai enam tahun lalu bahwa nama ini hendak masuk ke pasar Indonesia.

Ada satu nama yang pernah menjadi produk unggulan dari Skoda yaitu Felicia yang berkode produk 791. Berbasis model hatchback, Felicia pernah juga muncul dalam versi pikap dan juga van. Rentang mesinnya cukup lebar, mulai dari 1.289-1.598 cc untuk versi bensin dan versi disel dengan kapasitas 1.896 cc.

Felicia sendiri punya rentang produksi yang cukup panjang, tahun 1994 hingga 2001. Sempat muncul di pasar Cina pada tahun 1996.

Untuk model pikap ada satu nama yang sempat menyita perhatian yaitu Felicia Fun dengan kode produk 796. Dibuat untuk pasar Eropa, sempat pula jadi tunggangan favorit saat musim panas. Bukan sekadar unik dan praktis dalam pengoperasian.

Sekilas model edisi terbatas ini nampak sebagai pikap, posisinya sebagai kendaraan lifestyle di luar musim dingin. Baris joknya tetap ada dua, jok baris kedua letaknya langsung berada satu area dengan ruang bagasi terbuka. Jika ingin membawa muatan lebih jok baris kedua bisa dilipat sehingga bisa menyediakan panjang ruang untuk barang bawaan dari 850 milimeter menjadi 1.370 milimeter.

Ketersediaan ruang barang tersebut bisa disebut sangat memadai untuk mobil yang panjang utuhnya 4.245 milimeter, lebar 1.680 milimeter, dan tingginya ya 1,465 milimeter.

Jok kedua secara 'cerdik' bisa dilipat dengan rapi

Felicia Fun hanya muncul sekali di tahun 1995, rilis resmi saat Geneva Motor Show (1995)  dengan warna khas yang dinamai Zlutá Fun. Punya populasi di masa produksinya sebanyak 4.16 unit sampai tahun 2000. Termasuk angka yang lumayan buat wilayah Eropa.

Secara keseluruhan, Felicia termasuk model yang populasinya besar. Angka produksi terakhirnya adalah 1.420.489 unit, sempat jadi mobil favorit dengan gelar “Best Manufacturer” pada tahun 1998 berdasarkan riset J.D Power.

Sampai berakhir produksinya di tahun 2000 Felicia Fun mengadopsi mesin bensin dan diesel. Untuk mesin bensin ada dua varian; 1.600 cc yang berdaya 67 daya kuda serta 75 daya kuda. Sementara untuk varian mesin diesel (1.900 cc) berpotensi daya puncak 64 daya kuda.